Ridwan Kamil Dijuluki 'Gubernur Desa'

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 21:55 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Ridwan Kamil dipilih menjadi 'Gubernur Desa' oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). Julukan itu disematkan saat pelantikan Kepala DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/2/2020).

Ketua Umum DPP Apdesi Sindawa Tarang mengatakan julukan itu diberikan karena menilai pria yang akrab disapa Kang Emil itu peduli dengan desa. "Kami akan terus mendukung program-program beliau untuk memajukan desa," ujar Sindawa di Gedung Sate, Selasa (18/2/2020).

Menurutnya, kemajuan masyarakat berawal dari desa. Bila desa maju, otomatis tingkat pemerintahan yang lebih atas akan ikut terdorong maju.

"Dengan demikian pikiran pak gubernur Jawa Barat kita ini, ini sudah melaporkan bahwa kalau Indonesia mau kuat, maju dan sejahtera maka harus dimulai dari desa," kata Sindawa.

Sementara itu, Emil mengaku tidak pernah mengincar julukan apapun, kendati sejauh ini sejumlah program yang digagas memiliki tujuan membangun desa. "Saya kerja ini bukan untuk dapat julukan, saya kerja karena menurut saya itu penting dan membawa perubahan. Tapi kalau ada apresiasi ya alhamdulillah, jadi ada perubahan yang luar biasa," ujarnya.

Emil meminta setiap perangkat desa agar mampu mewujudkan pemerintahan digital. Mengingat sejauh ini Pemprov Jabar proaktif terhadap teknologi.

"Harus paham bagaimana pemerintahan digital, pemerintahan yang proaktif teknologi. Pemerintah desa ini sekarang punya sistem pengatur anggaran, sepertiga desa kita sudah cashless ya, tidak pakai tunai lagi," kata Emil.

(bbn/bbn)