Horee! Bikin Paspor di Kantor Imigrasi Cirebon Bisa Sore Hari

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 19:35 WIB
Perpanjangan dan pembuatan paspor di Cirebon bisa dilakukan sore hari
(Foto: Sudirman Wamad) Perpanjangan dan pembuatan paspor di Cirebon bisa dilakukan sore hari
Cirebon -

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon membuat terobosan baru terkait pelayanan pembuatan dan perpanjangan paspor. Nama programnya Iron-Seni, kepanjangan dari Imigrasi Cirebon senja melayani.

Jadi, masyarakat Cirebon dan sekitarnya bisa membuat paspor pada sore hari, atau di luar jam kerja. Kepala Kantor Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak mengapresiasi terobosan yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon. Program pelayanan paspor sore hari ini dilakukan di Grage City Mall (GCM) Kota Cirebon.

"Ini untuk pertama kalinya di Indonesia, bisa buat paspor di luar jam kerja. Buka dari sore sampai malam. Kalau untuk pelayanan pembuatan paspor di mal itu ada jug di Bandung dan Depok, tapi tetap jam kerja," kata Sitinjak kepada awak media usai meresmikan ruangan pelayanan Iron-Seni, Selasa (18/2/2020).

Lebih lanjut, Sitinjak mengatakan adanya Iron-Seni diharapkan bisa mengakomodir permintaan masyarakat terkait pembuatan paspor. "Ini kami datang melayani, bukan mereka datang ke kami," ucapnya.

Sitinjak berharap imigrasi di daerah lainnya bisa meniru porgram Iron-Seni. Sebab, lanjut dia, program Iron-Seni memudahkan masyarakat untuk membuat paspor tanpa mengganggu jam kerjanya.

"Harapannya ada di setiap mal. Ini kan orang membuat paspor bisa langsung belanja, sambil menunggu paspor jadi. Bisa bawa keluarga untuk mainan di mal dan lainnya," kata Sitinjak.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon M Tito Ancrianto menyebutkan pelayanan Iron-Seni itu dibuka dari pukul 16.30 WIB hingga 20.30 WIB. Namun, pelayanan paspor sore hari hanya bisa dilakukan pada hari Rabu, Kamis dan Jumat.

"Persyaratan sama, KTP, KK dan akte lahir. Kemudian pengambilannya bisa di kantor. Kuota hanya 30 orang," katanya.

Sementara itu, Seno Erens, warga Kota Cirebon mengaku senang dengan adanya program pembuatan paspor di sore hari. Seno mengaku terbantu.

"Ini tidak mengganggu jam kerja saya. Saya lihat informasinya, kemudian coba ke sini. Ternyata bisa. Pendaftarannya melalui online," katanya.

(mud/mud)