Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Lokasi di Sukabumi Diterjang Longsor

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 19:57 WIB
Longsor di Sukabumis
Longsor di Sukabumi (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Hujan deras mengguyur Sukabumi sejak pagi hingga Minggu (16/2/2020) sore mengakibatkan terjadinya bencana alam di beberapa tempat. Informasi yang diperoleh detikcom personel kepolisian Polres Sukabumi dari masing-masing sektor bergerak menuju lokasi longsor hingga pohon tumbang.

"Ada beberapa titik kejadian bencana hari ini, di Kampung Cikiray, Dusun Cibongbon Desa Sirnaresmi telah terjadi longsor yang mengakibatkan satu rumah warga tertimbun. Untuk korban jiwa dan kerugian belum dapat dilaporkan, personel Polsek Cisolok masih menghimpun informasi di lokasi," kata Paur Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman kepada detikcom, Minggu (16/2/2020).

Sementara itu, hujan deras juga memicu kembali terjadinya pergerakan tanah di Kampung Gunungbatu, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Personel Polsek Nyalindung saat ini tengah berada di lokasi untuk melakukan antisipasi dan penjagaan.

"Petugas Polsek Nyalindung sudah melaksanakan patroli dan penjagaan serta pengaturan arus lalu lintas di jalur pergerakan tanah Nyalindung. Arus lalu lintas sempat tersendat dikarenakan banyak kendaraan yang berjalan pelan pada saat melintasi jalur pergerakan tanah dan banyaknya genangan-genangan air," lanjut Aah.

Di lokasi pergerakan tanah tersebut petugas juga memasang garis polisi (police line) di jalur jalan yang terdapat retakan baru akibat hujan deras. Informasi yang diperoleh detikcom, banjir dan longsor menutup jalan di ruas jalan Waluran-Mareleng-Palampang kawasan Geopark Ciletuh.

"Informasi sudah kami terima, personel sedang melakukan pengecekan berkoordinasi dengan relawan BPBD dan SARDA. Upaya penormalan jalan juga segera akan dilakukan secepatnya," ujar Aah.

Tonton juga video Longsor di Pondok Pinang Jaksel Diduga karena Akumulasi Curah Hujan:

[Gambas:Video 20detik]

(sya/mso)