4 Fakta Prostitusi Cianjur Libatkan Gadis Muda-Turis Timur Tengah

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 15:47 WIB
Polisi menangkap empat PSK dan dua muncikari di Cianjur, Jawa Barat. Para pekerja seks komersial (PSK) itu melayani khusus turis asal Timur Tengah.
Foto: Ismet SelametSejumlah PSK yang dijual muncikari kepada turis Timur Tengah di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Polres Cianjur mengungkap kasus prostitusi yang pelanggannya wisatawan asing dari Timur Tengah di kawasan Villa Kota Bunga, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Berikut fakta-fakta kasus tersebut:

1. Polisi Bergerak Atas Laporan Warga

Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulyana mengatakan, pengungkapan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) bermula dari laporan warga yang resah dengan adanya aktivitas prostitusi tersebut di kawasan Vila Kota Bunga.

Dari laporan Polres Cianjur dibantu jajaran Polsek Pacet menelusuri lebih lanjut dengan mendatangi lokasi pada Senin (10/2) malam. Setelah itu, pada Selasa (11/2/2020) dini hari, polisi menangkap sejumlah muncikari yang tengah menjajakan perempuan pekerja seks komersial (PSK) kepada turis asal Timur Tengah.

"Kami amankan dua pelaku yang merupakan muncikari dan empat perempuan yang statusnya saat ini sebagai korban. Mereka diamankan saat melakukan kegiatan TPPO dengan cara menjajakan perempuan berkeliling di dalam kawasan Vila Kota Bunga menggunakan kendaraan," ujar Jaka di Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Selasa (11/2).

4 Fakta Prostitusi Cianjur Libatkan Gadis Muda-Turis Timur TengahSejumlah PSK yang dijual muncikari kepada turis Timur Tengah di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
2. Muncikari Ditetapkan Tersangka, Terancam 15 Tahun Penjara

Sebanyak dua orang muncikari ditangkap dan ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus prostitusi yang diungkap Polres Cianjur di kawasan Vila Kota Bunga.

Dua tersangka, HP dan DD, ditangkap polisi. Selain itu, polisi memeriksa empat PSK yang sedang dibawa muncikari berkeliling untuk dijual ke turis Timur Tengah di kawasan Vila Kota Bunga.

"Dua muncikari ditetapkan sebagai tersangka dan empat PSK hanya sebagai korban," ujar Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulyana.

Dua muncikari diganjar Pasal 2 dan Pasal 10 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang TPPO. Mereka terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Simak Juga Video "Begini Pengakuan Muncikari Prostitusi Online yang Digerebek Andre Rosiade"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2