Blak-blakan Abah Cijeungjing yang Nikah Lagi Diantar Istri

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 20:17 WIB
Viral Istri Mengantar Suami Menikah orang ciamis, abah cijeungjing
Foto: Dadang Hermansyah/detikcom
Ciamis -

Sepekan ini media sosial dihebohkan oleh viral video istri mengantar suami menikah lagi. Belakangan, identitas pengantin pria diketahui. Dia adalah Hafi Muhammad Kafi Firdaus atau disapa Abah Kuka atau Abah Cijeungjing.

Ditemui di Pesantren Cijeungjing di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Selasa (11/2/2020) sore, Abah Cijeungjing menanggapi langsung video pernikahannya yang kini viral.

Abah Cijeungjing secara pribadi mengaku marah kepada yang mengunggah video tersebut ke media sosial. Namun Abah melihat itu fenomena dan takdir. Karena itu, ia tak berhak marah.

"Karena terjadi sendiri tanpa ada rekayasa ataupun niat," ujar Abah Cijeungjing kepada wartawan saat menjelang Magrib, yang kemudian akan dilaksanakan pengajian dan Sholawat Wabarik.


Menurut Abah, setelah 1-2 hari video itu viral, Umma, yang merupakan istri pertama Abah, menangis. Abah Cijeungjing mengatakan yang merekam video dan meng-upload-nya adalah kakak iparnya. Bahkan kakak iparnya pun menangis dan meminta maaf karena tak menyangka videonya yang di-upload ke TikTok akan viral.

"Dua hari Teteh kakak ipar yang upload nangis-nangis ke saya minta maaf, tapi saya nggak ada marah," ucap Abah.

Abah menanggapi hal ini sebagai hikmah besar bagi semuanya. Menurutnya, ketika orang berbicara kejelekannya, maka akan menjadi bahan penghapus dosa.

"Ketika membicarakan jelek ke saya, itu bahan penghapus dosa. Kalau istigfar 10 ribu kali kita belum tahu diterima. Kalau dibicarakan puluhan ribu orang, kayaknya jadi mualaf lagi," ujar Abah sambil tersenyum.

Bagi yang setuju, kata Abah bisa menjadi pintu masuk hidayah untuk lebih mencintai Rasul dan mencintai selawat.

Abah sebetulnya mengetahui ketika pernikahannya divideokan oleh kakak iparnya saat turun dari mobil. Namun ia tak melarangnya karena fokus menghadapi acara pernikahan.

"Nggak melarang karena saya fokus acara. Boro-boro kepikiran. Kalau tahu di-upload, pasti saya larang, karena nggak bilang. Ada video yang di kamar itu juga ngumpet videonya," kata Abah.


Menanggapi nyinyiran netizen, Abah menanggapinya dengan bersyukur alhamdulillah. Sebab, menurutnya, ketika berbuat benar meski sedunia menyalahkan, kita kenapa mesti pusing.

"Ketika kita salah, seorang menyalahkan, harusnya kita malu. Kalau kita salat, lalu dunia menyalahkan, kenapa malu?" jelas Abah.

(ern/ern)