Ridwan Kamil Usul Kemenhan Kembangkan Industri Drone di SMK

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 14:47 WIB
Ridwan Kamil bertemu Prabowo Subianto
(Foto: Istimewa) momen Ridwan Kamil bertemu Prabowo
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengusulkan pengembangan industri drone di tingkat sekolah kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ia melihat industri drone menjanjikan.

"Saya hanya menyampaikan Jawa Barat SMK-nya ada minat membuat industri drone. Mungkin Kementerian Pertahanan tertarik menggembangkan," ujar pria yang akrab disapa Emil itu, Minggu (9/2/2020).

Menurutnya definisi SMK jurusan penerbangan atau mesin tak selalu melulu berkutat di bidang industri besar. Namun, industri drone lokal juga dilihat Emil sebagai sesuatu yang menjanjikan.

"Definisi SMK penerbangan atau mesin tak melulu yang sifatnya besar tapi ada peluang. Intinya industri aviasinya spesifik ke hal praktis juga," ungkap dia.

Pertemuan Kang Emil dan Prabowo terjadi ketika keduanya sama-sama menjadi saksi nikah anak Ketua DPRD Jabar Brigjen (purn) Taufik Hidayat. Komunikasi keduanya terlihat cair terlepas dari rekam jejak mereka pada Pilgub Jabar 2018 lalu.

"Masalahnya momennya pendek, sakral, jadi enggak bisa membicarakan hal yang terlalu berat dan jauh. Yang terberatnya hanya saya ngomongin Jabar punya minat buat industri drone saja enggak ke yang lain-lain," kata Kang Emil.

Pesan Ridwan Kamil ke Masyarakat: Jokowi Nakhoda Kita, Maka Taatilah

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)