Mortir Berkarat Ditemukan Pekerja Reaktivasi Rel di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 23:30 WIB
Mortir di Garut
Mortir yang ditemukan pekerja reaktivasi rel kereta di Garut. (Foto: istimewa)
Garut -

Sebuah mortir berkarat ditemukan di sekitar jalur rel kereta api Cibatu-Garut yang tengah proses reaktivasi. Temuan mortir itu jadi tontonan warga setempat.

Mortir tersebut ditemukan pekerja reaktivasi jalur rel kereta api di Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (7/2/2020). "Kedua pekerja ini sedang menggali tanah untuk pembuatan saluran irigasi yang lokasinya dekat dengan pemukiman warga," ujar Danramil Garut Kota/ Lettu Arh Edi Waryanto.

Edi mengatakan saat tengah menggali tanah itu, kedua pekerja menemukan gulungan sampah yang tersangkut besi. Saat coba ditarik, ternyata isinya mortir.

"Ada sampah yang menggulung, saat dibuka ternyata dalamnya mortir," katanya.

Kedua pekerja kemudian langsung melaporkan temuan tersebut kepada anggota TNI. Petugas Provos TNI dari Kodim 0611/Garut yang menerima informasi tersebut langsung datang ke lokasi dan mengamankan mortir itu.

"Sementara mortir kami amankan ke tempat yang lebih aman," ucap Edi.

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai mortir yang ditemukan dalam keadaan berkarat itu. Namun, diperkirakan mortir tersebut sudah tidak aktif. Mortir rencananya diserahkan pihak Kodim ke Denpal Garut.

(bbn/bbn)