Round-Up

2 Tahun Percantik Gedung Sate-Pakuan, Ridwan Kamil Habiskan Rp 61,9 M

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 11:29 WIB
Taman baru gedung sate
Taman belakang Gedung Sate (Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung -

Revitalisasi Gedung Sate, Gedung Pakuan, dan GOR Saparua terbagi dalami dua tahun anggaran 2019-2020. Proyek tahap pertama yang rampung tahun lalu menelan biaya Rp 25 miliar, sementara untuk tahap kedua disiapkan total Rp 36,9 miliar. Total selama dua tahun ini anggaran yang dikeluarkan untuk mempercantik tiga lokasi tersebut mencapai Rp 61,9 miliar.

Perincian revitalisasi tahap pertama, Gedung Sate menghabiskan biaya Rp 14,9 miliar, Gedung Pakuan Rp 4 miliar, sementara GOR Saparua menelan Rp 5,9 miliar. Tahap pertama rampung dan diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada akhir tahun lalu.

Khusus Gedung Sate, Kepala Biro Umum Setda Jabar Iip Hidajat mengatakan revitalisasi tahap pertama meliputi taman di halaman depan dan belakang.

"Halaman depan rencananya mau dibikin plaza dan penataan taman, ada air mancurnya. Halaman belakang itu juga sama, jadi ada penataan taman dan kantin, ada panggung besar," kata Iip saat dihubungi via telepon seluler, Rabu (9/10/2019).

Ia menuturkan konsep taman baru di Gedung Sate nantinya menyerupai milik Balai Kota Bandung. Hanya, sedikit ada sentuhan berbeda disesuaikan dengan arsitektur Gedung Sate.

Menurutnya, taman-taman di Gedung Sate nantinya sangat terbuka untuk diakses masyarakat. Pihaknya ingin masyarakat tidak hanya berkumpul di halaman depan Gedung Sate, tapi juga di spot lainnya.

"Nah, kenapa tidak di belakang, biar leluasa, lalu lintas juga tidak terganggu karena lebih luas halaman belakang. Hampir tiap minggu orang ingin di gesat, jadi akses masyarakat terpenuhi. Kami siapkan dari sisi kenyamanan, estetika," jelas dia.

Kemudian untuk Gedung Pakuan, pengerjaan yang dilakukan berupa penataan taman hingga pembuatan kolam renang untuk sarana olahraga Ridwan Kamil.

"(Revitalisasi) Gedung Pakuan sekitar Rp 4 miliar. Pengerjaannya lebih sedikit dibanding Gedung Sate," kata Iip saat dihubungi via telepon seluler, Kamis (14/11/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2