Cerita Petugas Damkar Ciamis Bantu Warga Lepas Cincin yang Nyangkut

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 09:58 WIB
Damkar Ciamis bantu lepas cincin yang nyangkut di jari manis
Foto: Petugas damkar Ciamis bantu lepas cincin yang nyangkut di jari manis seorang warga (Istimewa)
Ciamis -

Petugas pemadam kebakaran ternyata tidak hanya handal dalam urusan menjinakan api. Persoalan cincin nyangkut atau tidak bisa dilepas dari jari juga mampu diatasinya.

Seperti di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kejadian ini bisa dianggap lucu saat petugas damkar harus berjibaku menangani cincin yang nyangkut di jari manis seorang warga.

Pelaksana Lapangan Damkar Dinas Satpol PP Ciamis Yayan Mulyansyah menceritakan pengalamannya. Pada Senin (3/2/2020) malam, ia mendapat laporan salah seorang santri Ponpes Elbas Ciwahangan, Kecamatan Ciamis, Umar (14) yang mengaku kesulitan melepaskan cincin pada jari manisnya. Bahkan jari tangan Umar bengkak karena berusaha melepas cincin stainless.

Awal mulanya, santri tersebut mencoba memindahkan cincin dari jari manis tangan kiri ke tangan kanan. Semula cincin berhasil berpindah dan masuk ke jari manis tangan kanan. Tapi ketika akan dipindahkan kembali ke jari manis kiri ternyata cincinnya terlalu kecil sehingga tak bisa dilepaskan.

Santri tersebut panik hingga berusaha mencoba terus melepaskan cincin. Usaha yang dilakukan tak berhasil malah jari manisnya mengalami luka dan bengkak. Kemajuan era digital dimanfaatkan santri untuk mencari tahu cara melepaskan cincin itu.

Dari video youtube ada kejadian serupa, dimana ada petugas damkar berhasil menangani cincin yang tak bisa dilepaskan itu. Kemudian santri tersebut bergegas melapor ke Damkar Ciamis.

"Kami mendapat laporan itu (cincin nyangkut), jadi ketika ada warga yang meminta bantuan pertolongan tentunya harus siap siaga," ujar Yayan.

Petugas Damkar Ciamis menangani cincin tak bisa lepas tersebut menggunakan gerinda (gurinda) kecil. Supaya tak melukai tangan, jari terlebih dahulu diberi bantalan pengaman. Dengan teliti petugas damkar mencoba memotong cincin dengan gerinda, tapi tak sampai melukai tangan akhirnya cincin berhasil di potong.

"Alhamdulillah cincin bisa dilepaskan dengan cara dipotong menggunakan mesin gerinda (tangan). Lain kali kalau mau pakai cincin ketika sulit dimasukan jangan dipaksakan, sebaiknya pakai yang pas atau agak longgar," kata dia

Simak Video "16 Unit Damkar Padamkan Kebakaran Ruko Tekstil Tanah Abang"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)