Sejumlah Fakta Kecurigaan Keluarga Delis Jadi Korban Pembunuhan

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 14:33 WIB
Gorong-gorong smpn 6 tasikmalaya lokasi temuan mayat
Foto: Dadang Hermansyah/detikcom
Tasikmalaya -

Sudah seminggu lebih, polisi masih belum berhasil mengungkap penyebab kematian Delis Sulistina (13), siswi SMP Tasikmalaya yang mayatnya ditemukan di gorong-gorong sekolah. Keluarga menduga Delis jadi korban pembunuhan.

Ibu korban, Wati Candrawati, mengatakan kecurigaan itu muncul ketika anaknya ditemukan tewas di dalam gorong-gorong depan sekolahnya. Menurut Wati, tubuh anaknya tak mungkin masuk karena diameter gorong-gorong sekitar 40 sentimeter.

"Ya dicurigai korban pembunuhan. Tidak masuk akal, kalau misalkan kebawa air tidak mungkin bisa masuk gorong-gorong. Itu sepertinya dimasukkan ke dalam," ujar Wati saat ditemui di rumahnya di Kota Tasikmalaya, Selasa (4/2/2020).


Wati menjelaskan, kalaupun saat itu anaknya terbawa hanyut saluran air, pasti banyak yang menolong. Sebab, lokasi kejadian, menurutnya, cukup ramai, ada konter kartu perdana, warung, dan fotokopi yang berada depan sekolah.

"Saat ditemukan juga baju Pramuka yang dipakai anak saya sudah terbuka kancingnya," ucap dia.

Wati mengatakan saat anaknya tidak pulang, Kamis (23/1/2020), sejumlah saksi melihat Delis berteduh di tempat fotokopi, seberang sekolah. "Katanya pas hujan besar anak saya berteduh di sekitar fotokopi. Kalau memang anak saya jatuh ke selokan, terdengar atau apa. Jam 5 sore saya nyusul ke sekolah, air di selokan itu juga nggak terlalu besar," ungkapnya.


Mayat Delis ditemukan di dalam gorong-gorong tertutup sehingga, untuk mengeluarkannya, dibuat lubang pada Senin (27/1/2020). Korban ditemukan saat penjaga sekolah akan membersihkan gorong-gorong, karena beberapa hari terakhir tersumbat dan bau busuk.

(ern/ern)