Berbekal Tutorial YouTube, Pria Cianjur Berani Tangkap King Cobra

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 11:54 WIB
Warga Cianjur Tangkap King Cobra
Warga menangkap king cobra. (Foto: dok. Istimewa)
Cianjur -

Kemunculan ular king cobra sepanjang 3 meter menghebohkan warga Kampung Kubang, Desa Mekargalih, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ade Nugraha (29), warga setempat, berani menangkap ular mematikan tersebut berbekal informasi dan tutorial video evakuasi ular oleh Panji Petualang di YouTube.

Ular tersebut awalnya terlihat berada di dekat tungku api di dapur rumah Ade, Senin (3/2) sore. "Pertama lihat ular itu istri saya. Dia lagi masak. Tiba-tiba di dekat tungku ada ular besar. Dia kemudian berteriak. Saya dan kakak yang sedang di depan rumah langsung ke dapur. Ternyata benar, ada ular besar, jenisnya king cobra," kata Ade Nugraha, Selasa (4/2/2020).

Ade mengaku sempat takut menangkap ular tersebut karena king cobra merupakan salah satu ular paling mematikan di dunia. Tetapi, berbekal pengetahuan cara menangkap ular dengan aman dari channel YouTube Panji Petualang, Ade dan kakaknya berani menangkap ular tersebut.

"Kebetulan kan sering lihat YouTube-nya Panji, jadi saya praktikkan bagaimana menangkap ular dengan aman. Saya ambil kayu dan jepit bagian kepalanya, kemudian ditangkap dan dimasukkan ke karung," tuturnya.

Dia mengaku memilih menangkap ular tersebut lantaran khawatir kalau sekadar diusir dari rumah akan membahayakan warga sekitar. "Sebelumnya juga kata warga sempat ada ular yang sama dengan ukuran lebih besar. Karena takut, warga langsung membunuhnya. Makanya saya tangkap dan amankan dalam karung," kata Ade.

Kini Ade bingung, kepada siapa ular tersebut akan diserahkan. "Tadinya mau diberikan ke Balai Konservasi atau pihak terkait lainnya, tapi tidak tahu menghubungi siapa. Saya juga sedang mencoba menghubungi Panji, rencananya mau diserahkan saja kepada Panji," ucap Ade.

Simak Juga Video "Ngeri! Evakuasi Ular King Cobra Sepanjang 2,5 Meter di Maros"

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)