Aher-Demiz Jadi Saksi di Sidang Iwa Karniwa

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 13:40 WIB
Ahmad heryawan dan deddy mizwar jadi saksi di sidang iwa karniwa
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung -

Mantan Gubernur dan Wagub Jabar Ahmad Heryawan (Aher)-Deddy Mizwar (Demiz) akan bersaksi kedua kalinya dalam sidang kasus suap Meikarta. Kali ini, keduanya bersaksi untuk terdakwa Sekda Jabar nonaktif Iwa Karniwa.

Aher dan Demiz terlihat sudah berada di ruang Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (3/2/2020). Aher mengenakan kemeja batik sementara Demiz berkemeja putih. Keduanya tampak duduk bersebelahan.

Selain Aher dan Demiz, Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin juga terlihat di ruang sidang. Neneng dalam kasus ini juga berstatus terpidana dengan vonis 6 tahun penjara.

Jaksa KPK, Ferdian Adi Nugroho mengatakan dalam sidang kali ini ada tujuh saksi yang akan dimintai keterangannya. Sebagian besar merupakan pihak-pihak dari Pemprov Jabar.

"Saksi hari ini Pak Aher dan Pak demiz kemudian dari kabupaten Bekasi ada bupatinya, Neneng Hassanah Yasin, kemudian ada dari BPKRD, pak Nurkuswandana, dan ada satu orang mantan timsesnya pak Aher, yang bernama idrus, serta ajudan pak Iwa, Nur Hakim," kata Ferdian kepada wartawan.

Ia menuturkan pihaknya akan menggali keterangan dari Aher dan Demiz terkait Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD). Termasuk pengetahuan keduanya mengenai proses perizinan Meikarta.

"Untuk pak aher dan demiz kita akan menanyakan pada saat mereka menjabat, sejauh mana pengetahuan mereka tentang bkprd, sejauh mana tentang proses perizinan meikarta. Tetapi lebih fokus ke masalah BPKRD," ujar Ferdian.

Hingga berita ini diturunkan, sidang tersebut belum dimulai. Namun, para saksi sudah datang termasuk jaksa dari KPK juga terlihat di mejanya

Simak Video "Aher dan Deddy Mizwar Jadi Saksi di Sidang Meikarta"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/ern)