1.000 Celengan dari Desa Ciamis Dorong Warga Taat Bayar Pajak

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 12:19 WIB
Celengan karya Desa Karangkamulyan Ciamis
Foto: Celengan karya Desa Karangkamulyan Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Berbagai cara dilakukan pemerintah desa untuk menyejahterakan dan memudahkan masyarakatnya dalam segala urusan. Seperti yang dilakukan Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki inovasi supaya warganya rajin menabung.

Inovasinya, Desa Karangkamulyan membuat 1.000 celengan dari limbah plastik untuk kemudian dibagikan gratis ke masyarakat. Dalam pembuatannya Pemdes melibatkan ibu-ibu PKK. Pembuatan celengan ini masuk dalam program gerakan sadar bayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Sebab, tujuan utama celengan ini untuk meringankan masyarakat dalam membayar pajak.

Kepala Desa Karangkamulyan M Abdul Haris menuturkan pembuatan 1.000 celengan ini berangkat dari setoran pajak PBB di desanya tak pernah lunas 100 persen. Padahal pajak merupakan sumber utama untuk pembangunan daerah. Dari total Rp 132 juta yang harus disetorkan ke Pemda, dari Karangkamulyan hanya 95 persennya saja setiap tahun dari total sebanyak 980 wajib pajak.

"Intinya kami melatih masyarakat untuk menabung sekaligus kampanye gerakan sadar bayar pajak PBB di setiap rumah. Dengan celengan setor pajak sampai 100 persen," ujar Haris saat ditemui di kantor Desa Karangkamulyan, Jalan Ciamis-Banjar, Senin (3/2/2020).

Haris menjelaskan, memilih membuat celengan karena banyaknya limbah botol plastik di obyek wisata situs Ciung Wanara yang tak dimanfaatkan. Sekaligus memberdayakan ibu-ibu PKK untuk mengasah keterampilannya.

Simak Juga Video "Bus di Ciamis Terjun ke Kolam Ikan Hindari Tabrakan"

[Gambas:Video 20detik]