25 Truk 'Obesitas' Terjaring Razia di Tol Palikanci Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 14:20 WIB
Truk jalani pemeriksaan beban muatan
Foto: Truk jalani pemeriksaan beban muatan (Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Petugas gabungan merazia truk over dimensi dan over load (odol), alias truk 'obesitas' yang melintas di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Kepala Manajemen Lalu Lintas Area 2 Seksi Semarang-Cirebon Jasa Marga Tollroad Trans Jawa Agus Hartoyo mengatakan razia truk 'obesitas' dilakukan untuk meminimalisir kerusakan jalan tol. Menurutnya salah satu penyebab kerusakan jalan tol disebabkan oleh truk obesitas.

"Merusak jalan. Untuk itu ini dilakukan untuk menekan biaya pemeliharaan jalan tol. Selain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan tabrak belakang," kata Agus kepada awak media di Rest Area KM 208 Tol Palikanci, Cirebon, Jumat (31/1/2020).

Agus tak menampik tahun lalu biaya perbaikan jalan tol mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Agus menyebutkan pada tahun 2018 biaya perbaikan jalan Tol Palikanci mencapai sekitar Rp 30 miliar. Karena banyaknya jalan yang rusak, lanjut Agus, pada tahun 2019 biaya perbaikan jalan mengalami peningkatan hingga Rp 41 miliar.

"Truk odol (over dimensi dan over load) ini bisa membuat jalan rusak, seperti penurunan atau jalan ambles, gelombang, dan lainnya. Tahun ini sudah kita rancang, sekitar Rp 30 miliar untuk perbaikan," kata Agus.

Agus menyebutkan razia truk obesitas bekerjasama dengan kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon. Truk yang kelebihan muatan langsung ditilang.

"Tadi selama satu jam kita jaring ada 25 truk, 10 di antaranya ditilang karena kelebihan muatan," ucap Agus.

Agus menambahkan selain menyebabkan kerusakan jalan tol, truk obesitas juga menyebabkan kecelakaan tabrak belakang. Sepanjang Januari ini, Agus menyebutkan sedikitnya ada lima kecelakaan yang melibatkan truk obesitas. Namun, tak ada korban jiw dalam kejadian tersebut.

"Barang buktinya masih di kantor. Memang karena tabrak belakang, ada lima kejadian selama Januari ini," ujarnya.

Simak Video "Jalan Ambles, Truk Pengangkut Kayu Terguling ke Jurang di Pasuruan"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)