Memprihatinkan, Nenek di Cianjur Tinggal di Rumah yang Hampir Ambruk

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 21:15 WIB
Mak Isoh tinggal di rumah reyot yang hampir ambruk
Mak Isoh tinggal di rumah reyot yang hampir ambruk (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Pada usianya yang sudah menginjak 70 tahun, Mak Isoh, warga Kampung Babakan RT 02 RW 08, Desa Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, harus tinggal di rumah panggung yang sudah tidak layak huni. Bahkan rumah tempat Mak Isoh bernaung itu sudah hampir ambruk.

Pantauan detikcom, kondisi rumah berukuran 4x5 meter itu memang memprihatinkan. Dari tiga ruangan, hanya ruang tengah yang masih bisa ditempati.

Bagian pintu masuk hanya ditopang satu engsel. Untuk membukanya tidak bisa langsung, melainkan harus diangkat terlebih dahulu karena bangunan sudah miring, sehingga bagian bawah pintu terhalang lantai kayu.

Kamar dan dapur juga sudah rusak parah. Tidak ada lagi bilik bambu dan atap yang menghalangi hujan atau teriknya panas matahari.

Di sisi kiri rumah, satu balok kayu dan bambu dipasang sebagai penyangga. Pasalnya, rumah tersebut sudah miring dan hampir ambruk.

Maks Isoh mengaku cukup khawatir dengan kondisi rumahnya kini. Pasalnya, rumah peninggalan suaminya yang telah meninggal 30 tahun lalu itu sewaktu-waktu bisa saja ambruk.

"Emak mah tidur di tengah rumah, ngampar (gelar) karpet. Kamar kan sudah rusak, tidak bisa buat tidur," ungkap Mak Isoh saat ditemui di rumahnya, Kamis (30/1/2020).

Mak Isoh mengaku tidak memiliki uang untuk memperbaiki rumahnya tersebut. Pendapatannya sehari-hari sebagai buruh tani hanya cukup untuk biaya hidup. Bahkan, sejak beberapa hari lalu, dia mengandalkan pemberian cucunya lantaran Mak Isoh sakit dan tidak bisa bekerja.

Anak Mak Isoh, yang kini tinggal bersama suaminya, tidak bisa banyak membantu karena secara ekonomi juga pas-pasan, sehingga dia memilih tetap bertahan di rumah yang tidak layak huni serta mengancam keselamatannya itu.

"Ditenang-tenangin saja, mau gimana lagi. Tapi, kalau hujan, Emak ikut nginep di rumah cucu, di tengah rumahnya. Kan atap rumah Emak bocor," kata Mak Isoh.

Selanjutnya
Halaman
1 2