Ini Batu 'Oray' Pimpinan DPRD Tasik yang Mampu Sembuhkan Gigitan Ular

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 08:55 WIB
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Eri Purwanto sedang sembuhkan warga yang dipatuk ular dengan batu ajaib miliknya.
Foto: Batu 'oray' milik Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Eri Purwanto (Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya -

Batu 'oray' milik Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Eri Purwanto disebut-sebut memilik kesaktian. Eri mengklaim batu hitam tersebut mampu mengobati orang yang terkena patukan ular berbisa. Ini penampakan batu 'oray' itu.

Metode pengobatan yang dilakukan Eri hanya menggunakan batu 'oray' yang tertera tulisan huruf arab. Ia tinggal menempelkan batu tersebut ke area badan pasien yang terkena gigitan ular.

Eri enggan mengungkap asal muasal batu serta kemampuannya mengobati pasien gigitan ular berbisa. Namun, Eri mengklaim ratusan orang yang digigit ular berbisa sudah berhasil ia sembuhkan.

"Ini berkah saja. Enggak bisa saya buka dari mana ilmu dan batunya, saya hanya dititipi amanah saja" ujar Eri saat ditemui di rumahnya, Jalan Cikunir, Tasikmalaya, Jawa Barat Selasa (28/1/2020).

Ia tidak membuka praktik khusus. Eri hanya mengobati pasien yang datang di sela-sela aktivitasnya sebagai wakil rakyat. Ia juga tidak mematok tarif alias gratis.

"Saya nggak buka praktik. Kalau ada yang datang atau minta, saya obati, walau itu di rumah sakit. Saya sukarela, asalkan nggak waktu saya lagi rapat paripuran atau lagi kunjungan saya. Kalau lagi senggang, saya pasti," tutur Eri yang juga menjabat Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya .

Sejumlah warga yang sempat keluarganya diobati oleh Eri, mengakui kepiawaian Eri mengobati pasien gigitan ular berbisa. Bahkan, beberapa pasien sudah koma di rumah sakit berhasil disembuhkannya.

"Sering banget (Eri obati orang digigit ular). Pengobatannya melalui batu tradisional. Ada anak petani sampai pawang ular diobati pak Eri," ujar Omay, keluarga korban yang pernah diobati.

Batu 'oray' ini bikin heboh. Kemampuan Eri mengobati orang kena patukan ular itu videonya viral di media sosial (medsos). Sejak ramai video tersebut, makin banyak orang datang ke rumah Eri.

(bbn/bbn)