Warga Pelihara Hewan Dilindungi, Plt Bupati Cianjur: Serahkan ke BBKSDA

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 08:50 WIB
Foto: Surili yang sempat disangka siluman di Kabupaten Cianjur (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur - Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman meminta warga Cianjur untuk tidak memburu, menangkap dan memelihara hewan dilindungi, termasuk monyet surili yang merupakan endemik Jawa Barat.

Herman mengimbau warga yang memiliki dan memelihara hewan langka tersebut agar diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, supaya segera dikembalikan ke habitatnya.

"Kita harus turut menjaga hewan yang memang dilindungi, jangan ditangkap apalagi dipelihara. Kalau memang memiliki, silakan serahkan pada yang berwenang atau ke BBKSDA, supaya bisa dikembalikan ke alam," ujar Herman saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (27/1/2020).

Herman mengatakan, bukan hanya tidak boleh menangkap atau memelihara hewan langka seperti surili, warga Cianjur juga diimbau untuk menjaga alam supaya habitat hewan tersebut tetap terjaga.

Pasalnya dikhawatirkan keberadaan surili atau hewan dilindungi lainnya di perkampungan akibat alam mereka yang rusak, bukan hanya dari perilaharaan yang dilepas.

"Jaga alam, jangan dirusak. Kalau habitatnya rusak, keberadaan mereka juga terancam. Makanya saya sudah instruksikan ke setiap camat dan kepala desa untuk melindungi hewan langka beserta menjaga habitatnya," ucap Herman.

Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat, Lana Sari, mengatakan, satwa dilindungi sebaiknya berada di habitatnya di hutan. Apapun alasan untuk memilikinya, tetap dilarang undang-undang.

"Kalau memang memiliki silakan serahkan pada kami," kata Lana.

Terkait Surili yang sudah diamankan, dia mengatakan, pihaknya akan melakukan rehabilitasi hingga hewan tersebut siap untuk dilepaskan kembali ke habitatnya.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu warga Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur dihebohkan dengan munculnya surili di wilayah tersebut. Bahkan warga sempat mengira hewan endemik Jawa Barat itu merupakan siluman.

Pada 24 Januari 2020, seekor surili berhasil tertangkap setelah masuk dalam perangkap yang dipasang BBKSDA. Namun masih ada dua ekor surili yang berkeliaran di Desa Sukaraharja dan masih dalam pencarian.

Tonton juga video Ada Pemakaman Khusus untuk Hewan Laut di India:

[Gambas:Video 20detik] (mso/mso)