Unik! Jagung 'Pelangi' Tumbuh Subur di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 08:17 WIB
Luki Lukman Hakim memperlihatkan jagung 'pelangi'. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Petani di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sukses menanam jagung warna-warni atau lebih dikenal jagung 'pelangi'. Bahkan kini, sekali masa tanam, didapatkan hasil panen mencapai puluhan ribu ton jagung dengan kombinasi warna yang beragam.

Adalah Luki Lukman Hakim, petani asal Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang. Ia berhasil menanam dan mengembangkan varietas jagung unik tersebut.

Luki sudah menggeluti bidang pertanian sejak 2000, terutama komoditas sayuran. Dua tahun lalu, ia mulai mencoba menanam jagung 'pelangi' di atas lahan seluas tiga hektare yang disewanya.

"Awalnnya hanya ada 100 batang tanaman jagung. Warnanya standar, ada kuning, merah, putih dan hitam. Di tanamnya juga di gundukan tanah yang menjadi pembatas antara lahan pertanian sayur yang saya tanam," ujar Luki saat ditemui di kebunnya, Jumat (24/1/2020).

Panen jagung 'pelangi' di Cianjur.Panen jagung 'pelangi' di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Dalam satu tongkol jagung itu butirannya ragam warna. Misalnya kuning dengan putih, ungu dengan hitam, merah dan jingga.Beberapa kali musim tanam, jagung 'pelangi' itu menunjukkan hasil cukup memuaskan. Warna butiran yang muncul bervariatif atau muncul warna baru di antaranya jingga, ungu, dan merah muda.

"Kalau sekarang sudah banyak motif dan warnanya. Dalam satu tongkol pun tidak satu warna, tapi bisa ada beberapa warna," ujar Luki.

Selanjutnya
Halaman
1 2