Wow, Ada Kapal 'Titanic' Terdampar di SMKN 1 Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 16:55 WIB
Foto: Faizal Amiruddin
Pangandaran -

Meski sudah berdiri lama, namun desain bangunan SMK Negeri 1 Pangandaran yang berbentuk kapal laut masih menjadi daya tarik bagi wisatawan atau warga Pangandaran. Halaman sekolah itu masih kerap disinggahi warga yang sengaja berfoto dengan latar kapal yang seolah terdampar.

Wisatawan yang singgah umumnya mereka yang pulang berwisata dari Citumang atau Batukaras. "Sengaja berhenti dulu untuk foto-foto, bagus di sekolah ada bangunan mirip perahu Titanic," kata Rina Yanti, wisatawan asal Tanggerang, Kamis (23/1/2020).

Bangunan berbentuk perahu itu merupakan ruang belajar yang didesain mirip dengan kapal laut. Bangunan ini selesai berdiri tahun 2019 lalu dan hingga kini masih menjadi daya tarik karena keunikannya.


Desain perahu ini merepresentasikan jurusan studi di SMK Negeri 1 Pangandaran yang memiliki keunggulan bidang kelautan dan perikanan. Di SMKN Negeri 1 Pangandaran ini terdapat kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) dan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI). Selain itu ada pula jurusan reguler lainnya yakni Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan teknik otomotif.

Siswa yang belajar di SMKN 1 Pangandaran tak hanya berasal dari wilayah Pangandaran saja, namun banyak yang berasal dari luar daerah seperti Tasik, Garut, Cilacap dan lainnya. Mereka yang berasal dari luar daerah, umumnya mengejar jurusan pendidikan bidang kelautan dan perikanan.

(err/ern)