Longsor di Jalur Sumedang-Garut, Akses Jalan Sempat Tertutup

Muhamad Rizal - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 20:42 WIB
Foto: Jalur Sumedang-Garut sempat tertutup longsor (Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang - Tingginya intensitas hujan yang mengguyur di Kabupaten Sumedang menyebabkan longsor di kawasan Dusun Andir, Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Selasa (21/1/2020). Akibat kejadian tersebut jalur Sumedang-Garut tepatnya di depan SMAN 2 Sumedang sempat terputus karena sebagian jalan tertutup material longsoran.

Seorang Supir truk asal blitar, Wahyu (30) mengatakan perjalanannya sudah terhambat cukup lama akibat longsor yang menutup akses tujunannya. "Saya nunggu sudah tiga jam, mau pulang habis nganterin huut (pakan ayam) dari bandung menuju blitar, jadi terhambat," katanya saat ditemui di sekitar lokasi.


Salah seorang saksi mata mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu kebetulan di kawasan tersebut sedang diguyur hujan.

"Waktu hujan habis dzuhur, saya posisi lagi jaga warung, begitu melihat longsor saya langsung menyiapkan baju buat ngungsi, takut kena longsor," kata Uum Umiyati, salah seorang warga.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumedang Yedi mengungkapkan, longsor diduga terjadi karena adanya pembangunan perumahan baru. Saat ini proyek tersebut telah memasuki pematangan lahan."Longsor akibat pembangunan perumahan yang baru memasuki tahap pematangan lahan," kata Yedi.


Menurutnya, kejadian longsor ini sudah ke empat kalinya terjadi. Dia menyebut longsor kali ini merupakan terbesar dibandingkan kejadian sebelumnya."Longsor sudah ke empat kalinya, sekarang yang paling besar," katanya.

Upaya sementara, pihaknya membersihkan material longsor dengan alat seadanya di bantu pihak terkait dan warga. "Kita menurunkan dua belas personil dibantu TNI, Polri, Damkar dan Satpol PP," uajarnya.




Tonton video Rumah Geser ke Tengah Jalan karena Longsor di Sijunjung Sumbar:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)