Jelang Imlek, 80 Personel Gabungan Jaga Klenteng Hok Tek Bio Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 16:40 WIB
Foto: Kelenteng Hok Tek Bio di Kabupaten Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Sebanyak 80 personel gabungan dari Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis dan Satpol PP siap menjaga Kelenteng Hok Tek Bio pada perayaan Imlek, Sabtu (25/1/2020). Kelenteng tersebut satu-satunya tempat ibadah bagi umat Konghucu di Kabupaten Ciamis, bahkan Banjar dan Pangandaran.

Setiap menjelang malam pergantian Tahun Baru Imlek, ratusan umat akan melaksanakan sembahyang dan doa bersama di kelenteng Hok Tek Bio. Bahkan kegiatan di kelenteng dilaksanakan hingga empat hari ke depan. Personel gabungan akan menjaga kelenteng selama empat hari hingga usai perayaan.

"Pengamanan tahun baru Imlek dilaksanakan di Kelenteng, di wilayah Ciamis-Pangandaran ada satu tempat ibadah. Kami siagakan anggota dari Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis juga Satpol PP, sama-sama melakukan pengamanan ibadah tersebut," ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, Selasa (21/1/2020).


Bismo menjelaskan pengamanan ini untuk memberi rasa aman kepada warga Ciamis yang melaksanakan ibadah di kelenteng, saat malam pergantian Tahun Baru Imlek. Bismo mengajak kepada semua pihak untuk menjaga kedamaian dan kesejukan situasi keamanan di Ciamis.

Bismo menyatakan akan menindak tegas bagi siapa saja yang mengganggu ketertiban dan keamanan. Bahkan tak segan-segan menangkap yang dengan sengaja melakukan kerusuhan. "Yang mengganggu keamanan saya tangkap," tegas Bismo.

Pi Cin, penjaga Klenteng Hok Tek Bio Ciamis menuturkan, ratusan warga keturunan Tionghoa setiap tahun memenuhi kelenteng untuk doa bersama. Selain Ciamis, mereka datang dari berbagai daerah yaitu Banjar, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Persiapan untuk Imlek mulai dari memandikan dan mengganti pakaian dewa penghuni kelenteng juga memasang lampion dan lilin dengan nuansa warna merah.

"Biasa datang mulai sore sampai malam, acara puncaknya tengah malam sembahyang doa kepada leluhur," ujar Pi Cin.




Simak Video "Laris Manis Kue dan Pernak-pernik Khas Imlek di Pasar Atom Surabaya"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)