Jalankan Instruksi RK, Bupati Aa Hentikan Poyek Resor Mewah di KBU

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 14:28 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara melakukan sidak proyek resor mewah di KBU. (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Pembangunan Pramestha Resort Town dihentikan sementara hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Hal itu ditegaskan Bupati Bandung Barat Aa Umbara saat melakukan sidak ke lokasi proyek pada Selasa (21/1/2020).

"Setelah saya melihat lokasi, sesuai surat instruksi Pak Gubernur, proyek ini harus diberhentikan sementara," kata Aa Umbara.


Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan agar proyek resor mewah ratusan hektare tersebut dihentikan. Pasalnya, proyek itu melanggar Perda Kawasan Bandung Utara (KBU).

Secara teknis, deretan rumah resor itu dibangun pada lokasi garis kontur di atas 1.000 mdpl dan berada pada lahan dengan kemiringan 30 persen. Kendati demikian, tak seluruh aktivitas pembangunan dihentikan.

"Ada beberapa hal yang harus menjadi penguat, kalau semua kegiatan diberhentikan, ditakutkan ada longsor juga. Jadi ada hal yang memang harus tetap berjalan untuk antisipasi longsor," ucap Aa.

Dia menambahkan, proyek tersebut akan kembali diuji secara teknis. "Setelah ini saya akan bertemu dengan Pak Gubernur," ucapnya.


CEO PT Lembang Permata Recreation Estate Ronny Monkar mengatakan pihaknya juga akan mengikuti instruksi Gubernur yang disampaikan ke Aa Umbara untuk menghentikan proyek tersebut.

"Jadi, kita ikut apa yang Pak Bupati tadi sampaikan. Saya pikir tanggapan Pak Bupati yang akan kami ikuti," ujar Ronny.



Simak Juga Video "Tak Kunjung Dilantik, Bupati Talaud Terpilih Minta Kemendagri Bersikap"

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)