Truk Tangki BBM Terbakar di SPBU Batulawang Kota Banjar

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 18:57 WIB
Mobil tangki BBM terbakar. (Foto: istimewa)
Banjar - Api melalap sebuah mobil tangki yang tengah curah di SPBU Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (20/1/2020), sekitar pukul 15.00 WIB. Api yang berkobar hebat menimbulkan kepanikan luar biasa.

Karyawan SPBU beringsut menyelamatkan diri. Warga sekitar SPBU pun berhamburan keluar rumah dan menjauh dari lokasi karena khawatir api melebar.


Posisi SPBU yang berada di pinggir jalur utama Banjar-Pangandaran, terpaksa ditutup sementara. Karena hawa panas dari kobaran api yang besar terasa hingga ke pinggir jalan. Tak ayal kemacetan arus lalu lintas terjadi cukup panjang.

Salah seorang pegawai SPBU Batulawang, Roni Saban mengatakan dirinya pertama kali melihat api dari selang BBM yang berada di bawah truk tangki. Saat itu dia dan petugas yang sedang melaksanakan curah BBM, berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan.

"Waktu itu memang sedang mau curah. Saya sedang mengisi, ketika menengok ke belakang ada api di selang kolong truk tangki," kata Roni.


Api awalnya terlihat kecil, namun karena angin bertiup kencang dan cuaca cukup panas, api malah membesar. Prosedur pemadaman api dengan alat pemadam api ringan (APAR) tak cukup meredakan api.

Asap hitam pekat membumbung ke angkasa. Sempat terdengar bunyi ledakan disusul kobaran api yang kian berkobar. Warga yang semula berkerumun mengambil gambar, langsung menjauh ketika ledakan terjadi.

Tak lama berselang dua unit mobil pemadam kebakaran datang memadamkan api. Lebih dari satu jam berjibaku, api akhirnya berhasil dipadamkan. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun kerugian material ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Simak Video "Video Momen SPBU di jalan Daan Mogot Terbakar"

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)