Diminta MUI Sterilkan Masjid, Pengungsi Tamansari Bandung Minta Waktu

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 17:16 WIB
Masjid yang dihuni pengungsi korban penggusuran rumah deret Tamansari Bandung.(Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Eva mengatakan belum bisa memastikan berapa lama bakal tinggal di masjid tersebut. Namun, pengungsi sudah menyiapkan alternatif membangun tenda sementara kalau tidak lagi diperbolehkan tinggal di masjid.

"Kita sudah siapkan alternatif lain apakah bangun shelter atau tenda baru, seandainya masjid harus clear. Tapi kan bangunnya butuh waktu juga, kalau sekarang kita masih bingung mau ke mana," ujar Eva.

Surat edaran yang dikeluarkan MUI Kecamatan Bandung Wetan pada tanggal 16 Januari 2020 itu, berisi penyalahgunaan Masjid Al Islam karena dimanfaatkan pengungsi warga terdampak rumah deret Tamansari. Hal itu menindaklanjuti surat edaran MUI Kota Bandung mengenai fungsinya penggunaan masjid.


Dalam surat tersebut, MUI Bandung Wetan meminta seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya.

"Betul surat edaran itu menindaklanjuti surat edaran kami tentang penggunaan masjid pada 15 Januari lalu. Surat edaran ini kami keluarkan atas permintaan dari MUI kelurahan dan kecamatan di sebagian daerah," kata Sekretaris MUI Kota Bandung Irfan Syafrudin kepada wartawan, Senin (20/1/2020).
Halaman

(mud/bbn)