Polisi Olah TKP, Ini Dugaan Sementara Bus Terguling di Ciater Subang

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 14:05 WIB
Bangkai bus yang terguling di Ciater Subang. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Subang - Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan bus pariwisata Purnama Sari di Kampung Nagrog, Desa Palasari, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (19/1/2020).

Dari hasil pemeriksaan sementara, muncul dugaan jika sopir kehilangan kendali saat melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Hal itu menyebabkan bus oleng dan menyebabkan 8 orang meninggal dunia.

"Itu pendapat saya pribadi ya, bus melaju dengan kecepatan tinggi, sementara penumpangnya penuh. Bus oleng karena menghantam bahu jalan yang berbeda ketinggian, jadinya miring," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto usai olah TKP.


Dari hasil pemeriksaan, menurut Kushariyanto, polisi tidak menemukan jejak rem dari 12 titik pantau. Untuk penyebab pastinya belum kita ketahui, karena dari 61 orang, termasuk sopir dan kernet ada delapan orang yang meninggal dunia," ujarnya.

Dari informasi yang diperolehnya dari kernet, sopir bus yang juga tewas dalam insiden tersebut, sementara ini diketahui tidak berupaya memperlambat laju kendaraannya.

"Saya tanyakan juga, dan ternyata si sopir memang sudah biasa melaju di jalur ini. Ibaratnya sudah tahu betul area Subang ini. Proses penyelidikan masih berlangsung, untuk sementara ini memang tidak ada upaya pengereman ya," ucapnya.

Terkait kondisi jalan, menurut Kushariyanto, cukup mulus dan licin. "Apakah sopirnya gugup atau bagaimana, kita belum tahu. Nanti kita akan lakukan FGD untuk mengetahui kejadian pastinya," ujar Kushariyanto.



Simak Video "Bus Pariwisata Terguling di Ciater Subang, 6 Orang Tewas"

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)