Kumpul di UPI, Sunda Empire Berkedok Panitia Pembangunan Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 22:53 WIB
Aktivitas kelompok Sunda Empire di Taman Isola UPI. (Foto: tangkapan layar YouTube)
Bandung - Kelompok Sunda Empire sempat menggelar kegiatan di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung. Aktivitasnya mulai berkumpul di ruangan hingga upacara di Taman Isola.

Pihak UPI menjelaskan kelompok tersebut mengajukan izin peminjaman balai pertemuan untuk menggelar kegiatan. Namun, surat izin yang diajukan itu tidak mengatasnamakan Sunda Empire-Earth Empire. Mereka berkedok sebagai Panitia Pembangunan Kota Bandung.

"Jadi sudah saya cek di beberapa unit yang ada di UPI. Kepanitiaan yang dilakukan itu mengatasnamakan Panitia Pembangunan Kota Bandung," ucap Kepala Seksi Hubungan Eksternal Kantor Humas UPI Yana Setiawan saat ditemui di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Jumat (17/1/2020).


Bentuk kegiatan yang diajukan Sunda Empire berupa reuni dan halalbihalal. "Jadi dia mengajukan izin untuk halalbihalal. Terkait ada yang di luar dan di dalam ruangan, perlu kami sampaikan di dalam ruangan adalah acaranya reuni dan halalbihalal," katanya.

Menurut Yana, sesuai dengan pengajuan izin tersebut, pihaknya memproses sesuai prosedur yang berlaku. "Setiap kegiatan yang dilakukan organisasi ataupun publik yang mengakses kegiatan di UPI tentunya sudah kami proses sesuai dengan standar operasional prosedur di tempat kita. Dan kita selalu koordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian dan kewilayahan terdekat," tuturnya.


Berdasarkan catatannya, kelompok itu hanya mengantongi izin menggunakan balai pertemuan pada 8 Maret 2017. Setelah itu, pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin lagi untuk kegiatan kelompok tersebut.

Pihak UPI tidak pernah mengizinkan kegiatan di taman. Bahkan saat itu, pihaknya menegur mereka.

"Terkait dengan video yang beredar di sini, pada waktu itu sudah diinformasikan agar tidak dilakukan dan dia berjalan pulang dan sudah dilakukan peneguran," ujar Yana. (mso/bbn)