Jabar Minim Bioskop

Menyusuri Tiga Bioskop di Majalaya Bandung yang Tinggal Cerita

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 11:21 WIB
Foto: Sisa bangunan gedung bioskop Hegar Theater (Wisma Putra/detikcom)
Foto: Sisa bangunan gedung bioskop Hegar Theater (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Sedikitnya pernah ada tiga bioskop berdiri di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Namum, keberadaan bioskop-bioskop tersebut kini tinggal menjadi kenangan.

"Majalaya memiliki tiga bioskop, bernama Hegar Theater, Sukamanah Theater dan Majalaya Theater," kata Memet (70) warga Majalaya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Memet mengungkapkan, tiga bioskop itu gulung tikar sejak ada televisi dan serta kemunculan film dalam bentuk kepingan VCD.

"Tiga bioskop ini tutup mungkin karena banyak warga yang sudah memiliki televisi dan VCD. Jadi kan warga tinggal beli kasetnya saja dan bisa nonton di rumah sepuasnya," ungkapnya.


Mendengar cerita tersebut, detikcom mencoba menelusuri jejak ketiga bioskop tersebut. Bioskop pertama yang dikunjungi yaitu Hegar Theather. Bioskop yang lokasinya berada disamping Masjid Agung Majalaya itu tutup sekitar tahun 1980.

Menyusuri Tiga Bioskop di Majalaya Bandung yang Tinggal CeritaFoto: Bekas gedung bioskop Sukamanah Theater (Wisma Putra/detikcom)

Setelah ditutup, gedung bioskop itu berubah menjadi tempat hiburan anak-anak pada tahun 1990. Dari mulai permainan mandi bola, bombom car, hingga dingdong. Sempat berubah menjadi lapang futsal pada Tahun 2.000-an, lalu kosong dan kini gedung tersebut rata dengan tanah karena dimakan usia.

"Hegar Theater bioskop pertama yang ada di Majalaya, yang punyanya orang China," ujar Memet.
Selanjutnya
Halaman
1 2