Jabar Minim Bioskop

Lakon Monopoli Film dan Bangkrutnya Bioskop di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 07:56 WIB
Gedung bekas bioskop Odeon 21. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Berdasarkan data tahun 2019 yang dimiliki Disparbud Jabar, ternyata Kabupaten dan Kota Sukabumi sebagai daerah yang belum memiliki bioskop. Padahal, zaman dulu, bioskop pernah meraja di Sukabumi.

Sedikitnya ada 11 bioskop yang berdiri dari kawasan utara hingga pusat kota Sukabumi. Masing-masing bioskop memiliki kisahnya sendiri, hingga akhirnya satu persatu gulung tikar karena berbagai alasan.

Pegiat sejarah menyebutkan, bioskop di Sukabumi sudah muncul sejak era 70-an. Ada yang memang warisan kolonial Belanda dan sengaja dibangun oleh sejumlah cukong pada masa itu. Pada tahun 80-an hingga 90-an, bioskop memasuki masa kejayaannya. Hampir di setiap sudut kota, bioskop berdiri dengan ciri khasnya masing-masing.


Tercatat dua nama bioskop yang dikenal untuk kalangan kelas menengah ke atas lantaran tarif tiketnya mahal pada masa itu. Sebut saja Sukabumi Theatre yang dikenal oleh warga dengan sebutan Shopping Centre, lalu Capitol Theatre. Keduanya memasang tarif Rp 1.350 sampai Rp 1.850, yang disesuaikan dengan kelas yaitu tarif Balkon, VIP dan Kelas 1. Kedua bioskop itu memiliki genre berbeda.

"Kalau untuk Shopping itu dikenal sering menayangkan film-film Hollywood. Blockbuster pada masa itu, sebut saja Rambo, Apocalypse Now, tayang di tempat itu. Sementara Capitol lebih banyak memutar film-film mandarin dan film nasional, Jacky Chan, Warkop DKI dan film-film kolosal seperti Saur Sepuh," kata I Hendy Faizal, pegiat sejarah dari Soekaboemi Heritages dan juga pemerhati perfilman Soecinema, kepada detikcom, Senin (13/1/2020).

Lantaran berbeda genre, masing-masing bioskop memiliki segmen penontonnya sendiri. Kedua bioskop itu dikenal paling besar, disusul kemudian beberapa bioskop lainnya terdiri Nusantara, Royal, Mutiara, Gelora, Indra, Mustika, Garuda, Sinar Surya dan Cicurug Theatre.

Kisah Monopoli Film dan Bangkrutnya Bioskop di SukabumiI Hendy Faizal (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Selanjutnya
Halaman
1 2 3