Beberapa Hari Cuaca Bandung Cerah, BMKG: Ada Badai Tropis Claudia

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 13:20 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Bandung - Beberapa hari terakhir, wilayah Bandung Raya cerah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menyebut cuaca cerah terjadi karena faktor badai tropis Claudia di kawasan Australia.

"Jadi ada beberapa hari cuaca cerah atau cerah berawan, itu karena sekarang ini sering muncul gangguan-gangguan cuaca jangka pendek. Contohnya ini karena ada badai tropis Claudia dan kebetulan minggu lalu ada badai tropis juga di sekitar Australia, namanya badai tropis Blake," ucap Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (14/1/2020).



Toni mengatakan adanya gangguan cuaca badai tropis ini mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah Bandung Raya, sehingga cuaca terbilang cukup cerah.

"Itu membuat pola angin di sekitar Jabar, terutama Bandung Raya ini, juga membuat curah hujannya berkurang," tuturnya.

Menurut Tony, kondisi ini terbilang wajar pada saat musim hujan saat ini. Berdasarkan pengamatan BMKG sendiri, badai itu akan segera hilang dalam waktu dekat.

"Tapi ini hanya sesaat. Kalau gangguannya sudah punah atau hilang, kita kembali ke musim hujan yang normal atau rutin. Badai ini hanya sebentar, paling dua hari lagi hilang," ucapnya.



"Jadi jangan membuat terlena, jangan merasa ini sudah pergi hujannya. Nggak. Ini hanya sesaat. Kalau gangguan badai tropis di Australia tadi hilang, kita kembali lagi mengalami hujan," Toni menambahkan. (dir/ern)