Bupati Supendi Minta Duit ke Pengusaha untuk Bayar Pentas Wayang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 17:27 WIB
Sidang kasus suap Bupati Indramayu nonaktif Supendi dengan terdakwa Carsa ES. Sidang belangsung di Pengadilan Tipikor Bandung. (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Seorang pengusaha bernama Carsa ES memberikan uang Rp 100 juta kepada Bupati Indramayu nonaktif Supendi. Duit itu disebut untuk membayar pentas wayang.

Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan kasus suap dengan terdakwa Carsa ES di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (8/1/2020). Dalam persidangan, jaksa KPK menghadirkan ajudan Supendi bernama Haidar Samsayail.

Dalam persidangan, jaksa KPK membongkar praktik pemberian dari Carsa kepada Supendi sebelum operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK pada 14 Oktober 2019. Haidar mengaku saat itu ponselnya dipinjam Supendi untuk menelepon Carsa.


Dalam keterangannya, Haidar mengaku tak tahu apa yang dibicarakan oleh Supendi dan Carsa. Namun dia akhirnya tahu bahwa Supendi meminta uang kepada Carsa. "Saya tahunya setelah telepon, ini beliau (Supendi) gunakan telepon saya. Beliau SMS (short message service) ke Pak Carsa. Isi SMS-nya minta disiapkan uang Rp 115 juta," ucap Haidar dalam persidangan.

Dari informasi yang ia dapat, menurut Haidar, permintaan Supendi itu untuk membayar keperluan wayang. Dia tak menjelaskan soal wayang itu. Namun, yang pasti, Haidar menegaskan, memang ada pertunjukan wayang di Indramayu.

"Saya diberi tahu untuk acara bayar wayang. Ada acara kalau di Indramayu itu munjungan di Bongas, untuk pentas wayang," kata Haidar.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3