BMKG Imbau Warga Waspada Hujan Disertai Petir di Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 12:08 WIB
Ilustrasi hujan disertai petir (Ilustrator/Zaki Alfarabi)
Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi hujan akan turun di wilayah Jabar pada hari ini. Bahkan BMKG meminta warga waspada akan datangnya hujan disertai petir.

"Waspada hujan yang dapat disertai kilat atau petir," ucap Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).


Hujan disertai petir itu cenderung terjadi di beberapa wilayah seperti Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Kuningan, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Pangandaran dan Banjar.

"Terjadi pada siang, sore hingga menjelang malam hari," kata dia.

Toni menjelaskan hujan yang turun di wilayah Jabar juga cukup merata hari ini. Secara umum, kondisi cuaca di Bandung berawan.


Menurut dia, hujan yang turun merata di seluruh Jawa Barat dari bagian barat hingga ke timur. Hujan yang turun berintensitas ringan. "Hujan ringan turun baik pagi, sore hingga malam hari," ujar Toni.

Suhu udara di wilayah Jabar khususnya bagian utara pada hari ini mencapai 22-33 derajat celsius dengan kelembapan udara 60-97 persen. Sementara Jabar bagian selatan suhu udara mencapai 19-32 derajat celsius dan kelembapan udara mencapai 60-98 persen.

"Kecepatan angin secara umum bertiup dari arah barat dengan kecepatan 05-25 kilometer per jam," kata Toni.


Simak Video "Waspada! 9-11 Januari Diprediksi Terjadi Air Pasang Maksimum di Jakut"

[Gambas:Video 20detik]

(dir/bbn)