Banjir Bandang Rusak 30 Rumah, Warga Padalarang Mulai Bersih-bersih

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 13:09 WIB
Foto: Yudha Maulana
Bandung Barat - Warga Kampung Pajagalan, Desa Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai bersih-bersih pascabanjir bandang luapan Sungai Cihaurgeulis.

Sebelumnya, warga harus berlari ke tempat aman pada malam pergantian tahun baru pada 31 Januari 2019 lalu. Pasalnya, ketinggian air mencapai 1,5 meter atau setinggi dada orang dewasa.

Dilaporkan 30 rumah rusak berat dalam peristiwa ini, sementara 60 jiwa masih bertahan di pengungsian. Sebanyak 240 jiwa lainnya memilih untuk tinggal di rumah kerabat.

"Rumah mertua saya hancur tergerus oleh debit air Cihaurgeulis yang tinggi, kebetulan memang rumahnya berada di kelokan sungai," ujar Adi (28) saat ditemui detikcom, Kamis (2/1/2020).

Pantauan detikcom, warga dibantu sejumlah relawan dari tim Tagana, Laskar Pembela Islam dan relawan lainnya membantu membersihkan material yang terseret banjir.

"Banjir kali ini paling parah, sebelumnya kalau banjir paling hanya di depan masjid saja, enggak pernah sampai ke belakang seperti ini," ucapnya.

Ketua RT 5 RW 2 Desa Cipeundeuy Dedi Supriadi mengatakan, saat ini bantuan sudah berdatangan. "Kami sambil menunggu bantuan yang permanen seperti pembuatan tanggul," katanya.

Saat ini, untuk mengantisipasi banjir susulan, warga dan BPBD KBB membangun tanggul sementara. "Warga juga masih panik, karena khawatir ada banjir susulan lagi," ujarnya.

Selain di Cipeundeuy, banjir juga melanda kompleks Cimareme Indah pada saat yang bersamaan. Dilaporan ada 232 warga mengungsi dan 150 rumah terdampak. (ern/ern)