Koboi Brutal Berniat Bunuh Pedagang Kopi

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 12:15 WIB
Awan Kurniawan, koboi penembak pedagang kopi, dihadirkan di Mapolres Cimahi. (Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Aksi penembakan yang dilakukan oleh Awan Kurniawan cs kepada pedagang kopi asongan, Agus Sumpena (50), telah direncanakan sebelumnya. Hal itu diungkapkan Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki saat pengungkapan kasus, Selasa (31/12/2019).

Yoris mengatakan Awan bersama Pery Sopyan, Suryana, dan P (DPO) berkumpul di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Mereka menyusun rencana membunuh Agus di dekat Gerbang Tol (GT) Padalarang.

"Karena Awan ini punya musuh, Agus, yang pernah memiliki utang kepadanya," kata Yoris didampingi Kasat Reskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro.


Setelah itu, mereka menjemput Beni Kurniawan, eksekutor lainnya di wilayah Kiaracondong. Sebelumnya, Awan, Beni, dan P sudah mengantongi senjata berjenis air gun.

"Sebelum terjadi penembakan, pelaku pergi ke Cianjur untuk mengambil senjata dari D di daerah Cianjur," katanya.

Kemudian, mereka bertolak ke GT Padalarang dengan mengendarai mobil Avanza silver pada Jumat (20/12/2019) dini hari. Begitu tiba di dekat jongko yang dijaga Agus, Awan diikuti Beni dan Pery turun dari mobil dan langsung menembak Agus.

"Niatnya ini bukan untuk melukai, tapi untuk membunuh. Karena dikenakan ke kepala korban, hingga ada lima lubang, dua di antaranya bersarang di kepala korban," tutur Yoris.





Pedagang Kopi Diberondong Tembakan, Peluru Bersarang di Kepala:

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)