4 Wisata Alam Puncak di Ciamis yang Asyik untuk Liburan Tahun Baru

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 30 Des 2019 10:50 WIB
(Foto: Istimewa) Empat Rekomendasi wisata puncak untuk libur tahun baru di Ciamis.
Ciamis - Kekayaan alam Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, cukup melimpah. Banyak lokasi asyik untuk wisata dengan panorama alam indah. Terutama bagi para pecinta ketinggian dan kemping. Berikut detikcom merangkum beberapa lokasi puncak di Ciamis yang asyik untuk liburan tahun baru.

Puncak Puspa di Gunung Sawal

Wisata Puncak Puspa mulai dikenal beberapa tahun ini sebagai tempat kemping. Letaknya berada di Dusun Pasireurih, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis. Puncak Bangku memiliki ketinggian 1.004 mdpl merupakan bagian dari Gunung Sawal.

Puncak Puspa menyuguhkan pemandangan alam yang indah di siang hari. Pada malam hari pun tak kalah indah dengan menyuguhkan pemandangan hamparan cahaya perkotaan seperti bintang. Pada pagi harinya, bila beruntung traveler bisa menyaksikan fenomena awan bak negeri di atas awan. Hanya saja tak setiap pagi terjadi, tergantung cuaca disekitar.

Anggota Pengelola Puncak Puspa, Cucu Suyaman menjelaskan rute menuju lokasi, dari jalan Raya Panumbangan-Panjalu, belok dari pangkalan ojek Batu Pamijahan. Lokasinya lebih dekat dari Tasikmalaya. Bila dari perkotaan Ciamis jaraknya sekitar satu jam perjalanan.

Kendaraan diparkir di pintu masuk pos pendaftaran. Tiket masuknya Rp 7 ribu per orang. Bagi yang akan kemping harus membayar tiket tambahan sebesar Rp25 ribu. Fasilitas di atas puncak cukup lengkap, mulai dari toilet hingga mushala. Juga lokasi kemping sudah dipersiapkan.

Dari parkiran, wisatawan harus berjalan 1,5 kilometer menuju puncak. Meski cukup menanjak, namun sudah memiliki rute dan tertata dengan baik. Sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan hutan yang indah. Sehingga rasa lelah nyaris tak terasa.

"Sebetulnya sepeda motor bisa naik ke atas, tapi untuk seorang saja. Kecuali pakai motor trail. Alhamdulillah setiap sabtu-minggu selalu ramai. Sekarang musim libur akhir tahun lumayan ramai. Wisatawan dari Bandung, Tangerang, Karawang juga kesini," ucapnya, Senin (30/12/2019).
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4