15 Polisi Nakal di Jabar Dipecat Selama 2019

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 30 Des 2019 10:13 WIB
Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi saat menyampaikan keterangan kepada awak media di Mapolda Jabar. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polda Jabar menerapkan penghargaan dan hukuman terhadap anggotanya. Sebanyak 15 orang polisi nakal di Jawa Barat diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH) atau dipecat sepanjang tahun 2019.

"Untuk tahun ini, ada 15 yang PTDH," ucap Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi saat rilis akhir tahun di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (30/12/2019).


Jumlah tersebut terbilang lebih rendah bila dibandingkan dengan tahun 2018. Pada tahun 2018, sedikitnya ada 17 anggota yang dipecat.

"Jumlahnya turun dua atau 12 persen," kata Rudy.

Selain itu, tercatat juga sejumlah anggota melakukan pelanggaran. Pelanggaran dari mulai disiplin hingga kode etik. Pada tahun ini, ada 465 orang anggota yang melakukan pelanggaran. Sementara tahun 2018, sebanyak 548 anggota.


Selain pelanggaran anggota, Polda Jabar juga memberikan reward terhadap anggota berprestasi. Terakhir ada sejumlah polantas di Cimahi yang diberikan reward lantaran sudah menolong warga melahirkan saat macet di Lembang.

"Kemarin anggota Polres Cimahi menolong orang melahirkan itu terakhir. Kita kasih penghargaan karena nggak semua polisi bisa punya itu. Saya berikan penghargaan ke anggota yang baik dan berprestasi," tutur Rudy.



Tonton juga video Raup Untung Hingga Rp 1,1 M, Komplotan Pembobol Gudang Diciduk:

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)