Menengok Sel Sang Proklamator di Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 16:05 WIB
(Foto: Dony Indra Ramadhan) Menengok Sel Sang Proklamator di Lapas Sukamiskin

Tahun hingga dekade berlalu, penjara Sukamiskin pun berganti fungsi. Sejak tahun 2012, berdasarkan kebijakan Menteri Hukum dan HAM saat itu Amir Syamsudin, penjara Sukamiskin pun menjadi penjara khusus korupsi.

Sejumlah pesohor dibui di lapas berkapasitas 552 orang ini. Nama-nama mulai dari Akil Mochtar hingga mantan Ketua DPR RI Setya Novanto, menghiasi papan daftar penghuni Lapas Sukamiskin.

Lalu bagaimana kondisi sel Soekarno? Sel Soekarno masih tetap berdiri. Sel itu berada di lantai atas blok timur Lapas Sukamiskin. Detikcom berkesempatan menengok kondisi sel Bung Karno saat sidang dengan Ombudsman RI beberapa waktu lalu.

Menuju sel Soekarno, kita harus melewati gerbang bercat merah yang berada tepat di depan mata saat masuk penjara yang beralamat di Jalan AH Nasution itu. Saat masuk, kita akan disambut deretan sel berukuran kecil 3x1,5 meter persegi yang berjejer di lantai bawah.

Sekitar 200 meter berjalan, ada aula semi terbuka. Sebelah kiri merupakan blok timur sedangkan ke kanan ialah blok barat. Kamar Bung Karno, berada di blok timur atas tepatnya di nomor TA 01.

Sebelum masuk, kita akan disambut dengan tulisan 'bekas kamar Bung Karno'. Tulisan berwarna putih dengan latar merah itu menempel di pintu masuk kamar berbahan besi tebal.

(Foto: Dony Indra Ramadhan) foto Bung Karno di sel Lapas Sukamiskin

Di pintu masuk juga tertera keterangan atau aturan-aturan untuk masuk ke sel Bung Karno. Aturan bertanda tangan Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) itu mengatur pengunjung yang hendak masuk dalam keadaan suci (mempunyai wudhu), melepas alas kaki, pengunjung perempuan tidak sedang haid dan tamu dilarang membawa alat komunikasi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4