Kaleidoskop 2019

Viral Sepatu Bocah Pemulung dan Tukang Jagal Tewas di Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 08:25 WIB
(Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung - Masifnya penyebaran informasi melalui platform media sosial menjadikan suatu kejadian lebih mudah tersorot publik atau viral. Di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi setidaknya ada tiga kejadian viral sepanjang tahun 2019.

Netizen tentunya masih ingat dengan kisah gadis kecil pemulung yang dirundung teman-temannya di kelas karena masalah sepatu. Ya, gadis tersebut adalah Nabila, murid kelas 6 SDN Pangauban, Batujajar.

Cerita Nabila membetot simpati dari netizen setelah video berdurasi 30 detiknya viral. Gadis dari keluarga broken home itu marah besar ketika sepatu yang dibelinya lewat hasil memulung rusak karena ulah teman-temannya.


Saat disambangi detikcom ke kediamannya, Nabila ternyata diurus oleh kakek dan neneknya yang sudah renta. Kedua orangtuanya sudah berpisah saat anak semata wayang itu berusia beberapa bulan.

Ayahnya menikah lagi dan tinggal bersama istri barunya di Sukabumi, sementara ibunya menjadi penyanyi di Kalimantan.

Tinggal dengan nenek-kakek yang sakit-sakitan, membuat Nabila harus bekerja keras untuk hidup. Ia menyambi menjadi pemulung, sepulang sekolah. Uang yang ia hasilkan disisihkan untuk kakek-neneknya, sebagian lagi ditabung dan dibelikan sepatu yang berujung viral.

Bantuan pun berdatangan bagi sang bocah dari berbagai kalangan. Termasuk aktris cantik Susan Sameh dan Sonya Fatmala, yang memberikan dukungan moril dan materil. Organisasi nirlaba Kitabisa pun berhasil mengumpulkan uang ratusan juta dari donatur yang peduli.
Selanjutnya
Halaman
1 2