Antisipasi Terorisme, Tim Jibom Sterilisasi Gereja Ciamis-Pangandaran

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 11:19 WIB
Polisi sterilisasi gereja di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Polres Ciamis bersama tim Unit Jibom Polda Jabar mensterilkan sejumlah gereja di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran. Sterilisasi ini dilakukan untuk antisipasi terorisme dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi yang akan melaksanakan misa natal.

Sterilisasi dilakukan menggunakan alat pendeteksi berupa metal detektor dan cermin. Setiap sudut dan ruangan gereja diperiksa. Termasuk pot bunga dan aksesoris yang ada di dalam gereja. Polisi tak menemukan barang yang mencurigakan.

"Sterilisasi ini untuk antisipasi, membuat rasa aman dan nyaman kepada para jemaah dari umat kristiani," Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Sumari, Selasa (24/12/2019).


Sumari menjelaskan sampai saat ini dari 13 gereja yang telah dilakukan sterilisasi tak ditemukan barang mencurigakan. Diharapkan pelaksanaan misa natal di gereja Ciamis dan Pangandaran berjalan lancar.

Selain sterilisasi, sebanyak 10-15 personel gabungan disiagakan untuk menjaga gereja. Tercatat ada 32 gereja yang tersebar di Ciamis dan Pangandaran.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan jumlah pasukan yang disiapkan dalam pengamanan natal dan tahun baru sebanyak 1.200 personel. Mereka terdiri personel Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Dishub Ciamis dan Satpol PP.

"Pembagian personel untuk gereja dibagi secara proporsional, gabungan dari Polri, TNI dan keamanan gereja itu sendiri," ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso.


Pengamanan tersebut dilakukan agar warga yang merayakan natal bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman. "Karena tanggung jawab kita bersama menjaga kesejukan, kedamaian di Ciamis dan Pangandaran," ucap Bismo.

Selain mengamankan tempat ibadah, personel disiagakan di sepanjang jalur selatan wilayah Ciamis, mulai Cihaurbeuti hingga Banjarsari dan jalur wisata di Pantai Pangandaran.



Tonton juga video Polisi Sisir Gereja di Trenggalek, Pastikan Natal Aman:

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)