Terobos Sungai Ciderma, Warga Desak Pemkab Cianjur Bangun Jembatan

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 08:41 WIB
Warga hendak menerobos Sungai Ciderma Cianjur yang tak memiliki jembatan. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur - Warga mendesak pemerintah segera membangun jembatan di atas Sungai Ciderma, Desa Karyamukti, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sebab selama ini warga dan pelajar harus menerobos Sungai Ciderma untuk aktivitas ekonomi atau pergi ke sekolah.

Idris (40), salah seorang warga, mengatakan, Sungai Cidetra menjadi akses utama bagi warga, mengingat jika menggunakan jalan memutar memerlukan waktu 1,5-2 jam melalui jalan Desa Sukasirna. Sedangkan jika melintasi sungai, warga hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk pergi ke pusat Kecamatan Leles dan sarana pendidikan.


Bahkan, dia menyebutkan, warga merasa belum menerima kemerdekaan seutuhnya, meskipun Indonesia sudah merdeka selama 74 tahun.

"Indonesia sudah puluhan tahun merdeka, tapi warga di sini belum terbebas dari ancaman dan bahaya. Coba dibayangkan saja, warga setiap hari harus melintasi sungai. Kalau sudah masuk musim hujan arusnya deras dan air meluap hingga lima meter," kata Idris kepada detikcom, Selasa (24/12/2019).



Tonton juga video Video Tambang Galian C di Cianjur Longsor:


Selanjutnya
Halaman
1 2