Kaleidoskop 2019: Jana Dililit Sanca dan Pemuda Digigit King Kobra

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 08:22 WIB
Jana semasa hidup. (Foto: tangkapan layar Facebook)
Kabupaten Bandung - Dua warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tewas dililit ular sanca kembang dan digigit ular king kobra. Insiden maut ini berlangsung di 2019. Berikut kisahnya.

Jana Dililit Sanca Peliharaan

Jumat, 26 Juni 2019, Jana (42), warga Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tewas diduga dililit ular peliharaannya. Kejadian nahas itu berlangsung di rumah Jana, Kampung Citiru, Desa Padasuka, Kecamatan Kutawaringin.

"Dililit (meninggalnya). Lagi dimandiin (ularnya), ketahuan sama anak sudah tengkurap (posisi Jana) di air (jamban)," kata Elah (38), istri Jana, kepada detikcom, Minggu (23/6).


Jana tewas di lokasi kejadian. Elah berujar, ular yang diduga melilit tubuh suaminya itu sudah dipelihara sejak ukuran kecil. Saat insiden maut itu, ia menambahkan, kondisi mulut ular dibalut lakban. "Ularnya jenis sanca," ujar Elah.

Menurut dia, suaminya sudah terbiasa mengurus ular dan bisnis hewan melata tersebut. "Suka jual-beli ular juga, burung juga. Bukan hanya ular sanca, suami saya bisa jinakan ular kobra juga," kata Elah.

Ular piton sanca kembang merupakan hewan liar yang dilarang dipelihara. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar menyebut populasi ular tersebut mulai berkurang.

"Perkembangan mengenai piton di wilayah Jawa mulai berkurang," kata Humas BBKSDA Jabar Halu Oleo via sambungan telepon, Senin (24/6/2019).


Halu tak menyebutkan data terkait jumlah populasi ular piton di Jawa Barat. "Kalau memelihara, masyarakat sekitar harus diperhatikan. Karena ular termasuk jenis satwa liar, sifat alamnya kan masih ada. Karena satwa liar, beda dengan ternak," ujar Halu.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengimbau warga untuk tidak memelihara hewan liar. Namun menurutnya, hewan liar jenis ular yang membelit Jana boleh dipelihara asalkan ada pengawasan ahli dan bukan hewan dilindungi.

"Ada aturan sendiri dari BBKSDA, boleh asal bukan satwa dilindungi dan pengawasan ahli. Kucing dan anjing juga bisa menggigit majikannya. Soal memelihara ular kan ada BBKSDA, mana yang boleh mana yang tidak," ujar Dadang.

Ular Mematikan di Bandung: Jana Dililit Sanca dan Pemuda Digigit King KobraUlar sanca yang melilit Jana. (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Tonton video Hadapi Ular dengan Ember Kosong dan Sapu Ijuk:



Selanjutnya
Halaman
1 2