Polisi Tangkap 8 Pencuri di Garut, 30 Motor Curian Disita

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 23 Des 2019 18:47 WIB
(Foto: Hakim Ghani/detikcom) Polres Garut tangkap pencuri dan sita 30 unit motor hasil curian.
Garut - Polisi merilis kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di Kabupaten Garut dalam dua bulan terakhir. Delapan orang pencuri diamankan, 30 unit motor hasil curian disita.

"Alhamdulillah dalam Operasi Lilin Lodaya 2019 ini jajaran Reskrim kami mengungkap jaringan pelaku pencurian kendaraan bermotor. Ada 8 tersangka yang kami amankan," ujar Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah kepada wartawan, Senin (23/12/2019).


Delapan orang tersangka yang diamankan yakni YN, CW, MK, IL, SY, DH, HT dan HD. Delapan orang maling motor itu berasal dari lima komplotan berbeda. Dari 8 orang tersangka tersebut, 2 ditembak petugas di bagian kaki lantaran melawan saat ditangkap.

Dede menjelaskan, para tersangka menjalankan aksinya dengan berbagai modus operandi. Di antaranya dengan mengincar motor yang tengah parkir di tempat sepi.

"Selain itu ada juga yang mengancam korbannya menggunakan senjata tajam," katanya.


Dari pengungkapan kasus itu, polisi mengamankan barang bukti berupa 30 unit motor hasil curian serta 3 unit kunci leter T yang digunakan pelaku saat beraksi.

"Untuk para pelaku ini kami jerat dengan Pasal 363 dan 365 KUHP tentang pencurian," ucapnya.


Dede menambahkan, saat ini pihaknya masih terus mengembangkan pengungkapan kasus tersebut. Dede mewanti-wanti agar para pelaku pencurian tak melakukan aksinya di Garut.

"Bagi orang-orang yang hendak melakukan tindakan kejahatan, jangan coba-coba. Petugas tidak segan-segan untuk memberikan tindakan tegas. Apalagi aksi yang dilakukan sangat membahayakan masyarakat," ujar Dede.

Simak Video "Truk Angkut Alat Berat Tabrak Mobil-Motor, 7 Orang Tewas"

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)