Polemik Haddad Alwi Syiah, Ini Kesaksian Warga Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 23 Des 2019 15:32 WIB
Foto: istimewa
Sukabumi - Polemik Haddad Alwi syiah terus berlanjut. Pengurus DPP FPI Slamet Maarif menyebut jamaah yang hadir lah yang menganggap Haddad syiah. Inilah kesaksian sejumlah tokoh masyarakat yang hadir.

Tokoh masyarakat Sukabumi, Muslim (52),hadir di acara haul ke-8 Habib Abdullah bin Zein Alatas di Kampung Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

Slamet menjelaskan baik FPI maupun masyarakat umum yang hadir tidak meminta Haddad Alwi dan menudingnya sebagai syiah. Menurutnya yang mengeluarkan anggapan Haddad syiah adalah salah seorang penceramah yang diundang untuk berceramah di acara haul.

"Habib Basim, pendakwah yang diundang panitia naik ke atas panggung. Beliau bilang (gerakan mengangkat tangan) itu kaifiah syiah dan itu didengar langsung oleh Haddad Alwi karena posisi pengeras suara di belakang Haddad Alwi setelah beliau turun dari atas panggung, jadi jelas Haddad Alwi dengar sendiri," kata Muslim ditemui detikcom, Senin (23/12/2019).

Sebelum kejadian itu dijelaskan Muslim seluruh masyarakat larut dalam selawat, bahkan beberapa anggota FPI ikut mengangkat tangan.

"Posisi saya di belakang panggung atur audio. Saat ada teriakan (turun) serta bergegas muncul dari belakang panggung. Haddad Alwi malam itu sudah memberi penjelasan, sudah mengatakan Wallahi, Demi Allah ya sudah sudah kita percaya, itu mau dia bohong atau gimana urusan dengan Allah, kenapa kita ikut campur," tandasnya.