Cerita Versi FPI Sukabumi soal Haddad Alwi Angkat Tangan Saat Selawat

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 13:36 WIB
Haddad Alwi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Sukabumi - FPI Kabupaten Sukabumi membantah ada upaya persekusi yang berujung kepada pengusiran Haddad Alwi, penyanyi religi sekaligus pembawa selawat di acara haul ke-8 Habib Abdullah bin Zein Alatas, di Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (16/12) malam.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Ketua FPI Kabupaten Sukabumi Habib Luthfi bin Jindan mengklarifikasi kehadiran laskar FPI di acara haul itu untuk mengawal salah satu penceramah yaitu Habib Basim. Usai Habib Basim berceramah, saat itu naik ke atas panggung Haddad Alwi untuk selawat.

"Awalnya selawatan biasa, semua juga mengikuti. Hanya ada pertanyaan dan gerakan mengangkat tangan kemudian ada beberapa pertanyaan dari Haddad Alwi. Pertanyaan apakah Anda muslim, apakah Anda cinta Rasulullah? Kalau cinta angkat tangannya. Ada kalimat seperti itu," ucap Luthfi kepada detikcom, Sabtu (21/12/2019).


Pertanyaan yang juga disertai selawat itu, menurut Luthfi, menjurus ke Sayidina Husen. "Kalau menurut kita itu pembaiatan syiah, kalau selawatan biasa enggak apa-apa, bagus. Tapi dengan mengangkat tangan sejak awalnya kan beda arti," tuturnya.

Terkait video yang tersebar, ia menyebut hanya berupa potongan-potongan yang dibumbui dengan narasi yang seolah memprovokasi. "Video (yang tersebar) benar, tapi tidak semuanya, tidak utuh. Karena saat itu kartu penyimpanan habis dan sebagainya, makanya terpotong-potong. Kemudian ditulisin, dinamai jadi artinya lain. Saya ada video utuhnya meski pun juga sepotong-sepotong, bisa disatuin biar utuh," ujar Luthfi.



Tonton video Soal Pengusiran Haddad Alwi di Sukabumi, FPI: Tidak Tahu:


Selanjutnya
Halaman
1 2 3