Soroti Sel Luas di Lapas Sukamiskin, Ombudsman: Kenapa Dibiarkan?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 15:00 WIB
(Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom) Sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin
Bandung - Ombudsman Republik Indonesia (RI) heran masih ada sel berukuran besar di Lapas Sukamiskin yang dihuni oleh narapidana korupsi. Salah satunya sel yang ditempati mantan Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Tadi kita lihat di atas dan di bawah sedang renovasi. Mungkin sudah mencapai 80-90 persen. Namun kemudian, kami melihat ada hal-hal yang belum maksimal," ucap anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala saat mengunjungi Lapas Sukamiskin di Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019).


Kunjungan Ombudsman ini didampingi oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Liberti Sitinjak, Kadivpas Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris dan Kalapas Sukamiskin Abdul Karim.

Adrianus mencontohkan hal-hal yang belum maksimal tersebut. Salah satunya soal ukuran sel masing-masing narapidana. Kondisi sel memang terlihat ada yang kecil dan ada juga yang berukuran besar.

Detikcom berkesempatan untuk masuk ke dalam blok hunian napi di blok timur. Kondisinya memang sedang dalam tahap renovasi.

Deretan sel berada di lantai satu dan dua. Untuk sel di lantai satu memang terlihat lebih kecil berukuran 3x1,8 meter. Di dalamnya hanya ada lemari yang menempel di dinding serta kamar mandi yang disekat menggunakan fiber. Lantai bawah ini disebut-sebut dikhususkan bagi napi pidana umum.
Selanjutnya
Halaman
1 2