Pencuri Motor Modus 'Teman Ayah' Sasar Bocah SMP di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 22:01 WIB
Barang bukti sepeda motor hasil curian. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Polisi mengungkap pencurian sepeda motor yang pelakunya menyasar bocah SMP di Tasikmalaya. Sindikat pencuri ini melancarkan aksinya dengan modus 'teman ayah'. Dua pelaku, Eris (27) dan Agus Setiawan (38), kini meringkus di sel tahanan Mapolres Tasikmalaya.

Pelaku seolah mengenal dan mengaku sebagai teman ayah si korban. Pencuri ini memaksa menitipkan undangan pernikahan anak serta memberi uang untuk korbannya.

"Modusnya baru di wilayah hukum Polres Tasikmalaya. Modusnya ini pelaku pura-pura kenal sama ayah korban. Setelah itu, pelaku meminjam motor, lalu membawa kabur. Sasarannya anak SMP," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra, Selasa (17/12/2019).


Korban mempercayai pelaku hingga menuruti mengantar ke area toko ritel yang sudah kosong. Ternyata pelaku bersandiwara menerima telpon sambil tergesa-gesa meminjam motor korban.

Korban terakhir yaitu bocah SMP, warga Kecamatan Tanjung Jaya, Kabupaten Tasikmalaya, yang baru pulang sekolah. Berdasarkan pemeriksaan polisi, komplotan pencuri motor itu sudah beraksi 17 kali di Kota-Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Motor hasil curian itu dijual antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta.

"Dia ini beraksi di banyak tempat. Barang buktinya sebagian sudah kita amankan. Sisanya masih di penadah yang berstatus DPO," kata Dony.

Eris dan Agus diganjar Pasal 372 KUHP. Ancaman hukumannya empat tahun penjara. (bbn/bbn)