Pria Lulusan SMP di Karawang Belajar dan Jual Senpi di Internet

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 19:23 WIB
(Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom) Polres Karawang tangkap pria lulusan SMP perakit senjata api berbahan airgun.
Karawang - Polisi meringkus seorang pria lulusan SMP pembuat senjata api di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pria berinisial DS itu menjual lengkap dengan pelurunya. Dari mana DS mendapatkan peluru?

"Dia membeli peluru melalui online. Ada kode khusus antara penjual dan pembeli. Mereka menyebut peluru dengan sandi kacang," kata Kapolsek Karawang Kota Kompol Iwan Ridwan Saleh kepada detikcom, Selasa (17/12/2019).


Iwan mengungkapkan, DS memang mengandalkan internet dalam bisnisnya. Selain memesan peluru melalui internet, DS juga belajar membuat senjata melalui Youtube. "Dia belajar membuat dan memodifikasi senjata dari Youtube," kata Iwan.

Menurut Iwan, tertangkapnya DS berawal dari upaya polisi menangkap basah transaksi jual beli senjata api di wilayah Polsek Karawang Kota. Transaksi tersebut terjadi pada Jumat sore (13/12/2019).

Polisi kemudian menangkap DS selaku penjual dan YC selaku pembeli. "Kami menyita satu pucuk senjata api rakitan saat kedua pelaku transaksi," ucap Iwan.


Pengembangan polisi membawa mereka ke rumah DS di Dusun Ardaijaya, RT 6 RW 2, Desa Sabajaya, Dusun Tirtajaya. Di rumah DS, polisi menemukan dua pucuk senjata api, puluhan peluru dan sekoper alat untuk membuat senjata api.

Setelah DS ditangkap, polisi menciduk satu per satu orang yang pernah membeli senjata dari DS. Mereka adalah AB dan NS, sebelumnya, polisi juga menangkap YC. (tro/tro)