Pria Lulusan SMP di Karawang Rakit Senpi Beromzet Puluhan Juta

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 18:51 WIB
(Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom) Polres Karawang tangkap pria lulusan SMP perakit senjata api berbahan airgun.
Karawang - Polisi meringkus DS, pria asal Desa Sabanjaya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Pria lulusan SMP itu kedapatan membuat senjata api di rumahnya. Dalam setahun, ia menjual belasan senjata api dengan omzet puluhan juta rupiah.

"Kami masih selidiki, pelaku menjual senjata kepada pelaku kejahatan atau tidak. Akan kita dalami," kata Kapolres Karawang AKBP Arif Rahman Arifin saat jumpa pers di Mapolres Karawang, Selasa (17/12/2019).


Arif menuturkan, sepucuk pistol buatan DS dibanderol dengan harga Rp 3 juta hingga Rp 15 juta. Pistol rakitan DS kebanyakan jenis revolver. Namun polisi juga menemukan pistol jenis FN di rumah DS.

Pria Lulusan SMP di Karawang Rakit Senpi Beromzet Puluhan JutaanFoto: Luthfiana Awaluddin
Dalam produksinya, DS kerap menjual senjata api berbahan dasar airgun. Namun dengan mesin bubut, bor dan alat lainnya, ia menggubah airgun menjadi lebih berbahaya.

"Pelaku menjual senjata dengan ukuran kaliber besar. Bahkan kami temukan 60 butir peluru kaliber 22 mm," kata Arif.

Pria Lulusan SMP di Karawang Rakit Senpi Beromzet Puluhan JutaanFoto: Luthfiana Awaluddin
Atas perbuatannya, DS dijerat UU Darurat No 12 tahun 1951 dengan ancaman penjara 20 tahun atau maksimal seumur hidup.


Sejauh ini, polisi juga menangkap tiga klien yang pernah membeli senjata kepada DS. Mereka adalah AB, warga Desa Medankarya, Kecamatan Tirtajaya, kemudian NS warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru dan YC warga Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur.

Tersangka AB adalah pemilik airgun yang kemudian meminta dimodifikasi kepada DS menjadi pistol revolver. Saat itu DS hanya diberi imbalan Rp 300 ribu.

Sementara, lanjut Arif, tersangka NS dan YC adalah konsumen sekaligus pemegang senjata rakitan buatan DS. "DS dan AB ditangkap di wilayah Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, saat bertransaksi senjata ilegal itu. Sedangkan NS dan YC ditangkap di rumahnya masing-masing," kata Arif.


Tonton juga Rumah Produksi Senpi Ilegal di OKI Sumsel Digerebek Polisi :

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)