Kapolda Terjunkan Propam Usut Polisi Pukul Massa di Rumah Deret Tamansari

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 20:35 WIB
(Foto: Mochamad Solehudin/detikcom) Lokasi yang akan dijadikan Rumah Deret Tamansari Bandung.
Bandung - Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi merespons terkait aksi oknum aparat kepolisian yang melakukan pemukulan terhadap sekelompok pemuda saat proses penggusuran lahan Rumah Deret Tamansari Bandung. Bidang Propam Polda Jabar diturunkan untuk mengusut.

"Jadi sudah diturunkan tim internal dari Propam untuk melakukan pendalaman itu atas perintah Pak Kapolda," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada detikcom, Jumat (13/12/2019).


Truno mengatakan, Propam sudah diterjunkan. Propam akan melakukan pendalaman terkait aksi oknum yang terekam dalam video. Menurut Truno, tindakan tegas akan dilakukan bila terbukti bersalah.

"Kita akan melakukan tindakan tegas apabila memang itu terkait dengan ketidakdisiplinan ataupun juga pelanggaran lainnya," katanya.

Terdapat sejumlah video aksi pemukulan yang dilakukan aparat kepolisian kepada sejumlah pemuda yang menolak penggusuran lahan Rumah Deret Tamansari Bandung, kemarin, Kamis (13/12/2019). Cuplikan-cuplikan video berdurasi singkat itu viral di media sosial sejak kemarin.


Di salah satu video memperlihatkan ada anggota berseragam TNI menangkap massa. Pemuda yang ditangkap kemudian dibawa ke arah polisi. Pemuda itu lantas mendapat pukulan aparat.

Selain itu, terdapat pula aksi polisi saat mencari kelompok massa yang kabur ke arah Balubur Town Square (Baltos). Beberapa kali aparat memukul menggunakan tongkat. (dir/tro)