Polresta Bandung Waspadai Jalur Wisata Ciwidey Saat Libur Nataru

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 14:56 WIB
Kemacetan yang terjadi di Ciwidey saat musim libur. (Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Menjelang Natal dan tahun baru (Nataru), Polresta Bandung akan melakukan pengamanan di jalur selatan kawasan wisata Ciwidey dan jalur tengah Bandung-Nagreg.

"Persiapan jalur selatan, kemarin kami sudah melakukan rakor pada level Polda. Jadi di sana dibahas kesiapan jalur, terutama di Ciwidey dan Cileunyi-Nagreg," kata Kapolresta Bandung AKBP Hendra Kurniawan di Mapolresta Bandung, Selasa (10/12/2019).


Dua jalur tersebut akan menjadi fokus perhatian Polresta Bandung. Seperti diketahui di jalur selatan Ciwidey akan ramai dilintasi wisatawan dan jalur tengah Cileunyi-Nagreg akan ramai dilintasi oleh pemudik dari arah Bandung atau Jakarta menuju arah Garut dan Tasikmalaya.

"Itu jadi perhatian kita semua. Kami akan dirikan pospam di sana. Kemudian untuk lebih mematangkan lagi, dalam waktu dekat ini, kami akan mengundang leading sector atau stakeholder lainnya," katanya.


Pihaknya mengklaim jalur tengah Nagreg menuju arah Tasik aman. Pihaknya mengkhawatirkan lonjakan jumlah wisatawan menuju objek wisata Ciwidey.

"Nagreg saya pikir kondisinya kondusif, sudah banyak rekayasa lalu lintas yang bisa memperlancar. Justru yang dikhawatirkan jalur di Ciwidey ini, karena tol akses sudah ada, jalan ke Ciwidey relatif sempit dan pengunjung relatif banyak," katanya.


Ia menuturkan, bila terjadi lonjakan jumlah kendaraan di kawasan Ciwidey, pihaknya akan melakukan sistem buka-tutup agar arus lalu lintas lancar.

"Ada buka-tutup. Kami bahas lagi kalau mengacu pengalaman lalu ditutup itu Ciwidey karena nggak bisa bergerak juga, apalagi sekarang ada akses tol, Sabtu-Minggu selalu ramai," ujar Hendra. (tro/tro)