Polisi Ultimatum Warga yang Alih Fungsi Lahan di Kertasari Bandung

Wisma Putra - detikNews
Senin, 09 Des 2019 17:16 WIB
Banjir bandang di Kertasari, Kabupaten Bandung. (Foto: tangkapan layar video)
Banjir bandang di Kertasari, Kabupaten Bandung. (Foto: tangkapan layar video)
Bandung - Polresta Bandung akan menelusuri penyebab banjir bandang di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Diduga ada alih fungsi lahan di kawasan pegunungan di wilayah tersebut.

"Di wilayah Kertasari (diduga) ada alih fungsi lahan. Hutan yang digarap masyarakat nanti coba akan kami dalami faktanya seperti apa, bagaimana, atau mungkin ada faktor lain yang mengakibatkan hal tersebut terjadi di wilayah itu," kata Kapolresta Bandung AKBP Hendra Kurniawan, Senin (9/12/2019).


Pihaknya akan melakukan pendalaman penyebab kejadian bencana alam itu. "Kami akan lakukan pendalaman terkait informasi ini. Kami pasti akan melakukan penyelidikan-pendalaman terkait informasi tersebut," ujarnya.

Pihaknya tak segan bila ada pelanggar hukum yang merambah lahan pegunungan yang diduga beralih fungsi menjadi lahan pertanian.

"Jika ada yang melanggar, pasti akan menegakkan hukum," katanya.


Menurutnya, polisi bekerja sesuai dengan petunjuk Kapolri Jenderal Idham Azis. Pihaknya akan melakukan perlindungan pengayoman dan pelayanan.

"Penegakan hukum itu merupakan ultimatum remedium atau jurus pamungkas terakhir. Nanti kami lihat ke sana kalau sudah diberikan pemberitahuan, pembinaan. Jika masih tetap begitu, ya mau tidak mau, suka tidak suka, harus kami lakukan penindakan hukum supaya tidak berdampak lebih luas lagi. Sosialisasi dulu," katanya. (tro/tro)